Mohon tunggu...
Suciati Lia
Suciati Lia Mohon Tunggu... Guru - Guru

Belajar mengungkapkan sebuah kata agar bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pengenalan Kegiatan Pemadam Kebakaran di TK Bina Anaprasa, Sepaku

28 Januari 2024   06:28 Diperbarui: 28 Januari 2024   06:30 276
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama sekolah dengan petugas pemadam | Sumber Guru TK Bina Anaprasa

Pengenalan Kegiatan Pemadam Kebakaran di TK Bina Anaprasa, Sepaku

 Pada Jumat, 26 Januari 2024 TK Bina Anaprasa sedang mengadakan praktik baik dengan melibatkan orang tua dan pemadam kebakaran untuk mengenalkan kegiatan pemadam kebakaran kepada anak sejak dini. 

Mengapa kegiatan pemadam kebakaran perlu diperkenalkan sejak dini? Apakah kegiatan itu sangat penting sehingga harus diperkenalkan kepada orang tua dan anak sejak dini?

Sebelum kegiatan tersebut berlangsung, para orang tua, anak-anak, dan guru TK melakukan senam sehat jasmani. Kegiatan tersebut tidak hanya menyehatkan fisik tetapi gerakan sehat jiwa dan raga memang patut diapresiasi. 

Selain kesibukan orang tua yang luar biasa yang terkadang kurang memperhatikan melakukan aktivitas senam. Dengan kegiatan tersebut, pihak orang tua juga membrikan semangat secara langsung kepada anaknya dengan menyempatkan datang ke sekolah sekaligus sebagai ajang silaturahmi dengan orang tua lain.

Gambar Senam anak bersama orang tua dan guru | Sumber Guru TK Bina Anaprasa
Gambar Senam anak bersama orang tua dan guru | Sumber Guru TK Bina Anaprasa

Setelah kegiatan senam usai kemudian dilanjutan dengan kegiatan pengenalan pemadam kebakaran. Kegiatan pemadam kebakaran merupakan sebuah keterampilan yang sangat penting dikuasai oleh setiap orang terlebih lagi diperkenalkan sejak dini. 

Para guru berinisiatif mengundang petugas kebakaran agar mengedukasi siswa dan orang tua bagaimana mekanisme penanganan kebakaran yang terjadi. Sebab, memperkenalkan kegiatan pemadaman kepada anak usia dini tidak hanya guru mengajarkan keterampilan praktis untuk mengatasi kebakaran yang terjadi tapi juga berusaha membentuk karakter dan sikap peduli anak terhadap keselamatan.

Gambar penjelasan dari petugas kebakaran | Sumber Guru TK Bina Anaprasa
Gambar penjelasan dari petugas kebakaran | Sumber Guru TK Bina Anaprasa

Kegiatan tersebut dikemas secara menarik dan bermain agar pesan yang disampaikan dapat diterima khusunya anak usia TK kecil dan besar. Ternyata, benar anak saya pribadi menceritakan kegiatan tersebut dan mengapresiasi bahwa kegiatan itu seru sambil bermain air, ujarnya. Selain itu, praktik baik tersebut juga mengedukasi orang tua bagaiamana mekanisme penanganan kebakaran yang terjadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun