Mohon tunggu...
suciati cahyaningrum
suciati cahyaningrum Mohon Tunggu... 191330000400

Mahasiswa PGSD UNISNU JEPARA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar

6 Desember 2020   08:39 Diperbarui: 6 Desember 2020   08:40 37 0 0 Mohon Tunggu...

KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Oleh : Suciati  Cahyaningrum (191330000400)

Mahasiswa PGSD UNISNU JEPARA

 

PENDAHULUAN

Karakteristik berasal dari kata karakter dengan arti tabiat / watak, pembawaan atau kebiasaan yang dimiliki oleh individu yang relatif tetap (A, Partanto, & Barry, 1994) .   Menurut Jatmika, anak sekolah dasar adalah mereka yang berusia antara 6 – 12 tahun atau biasa disebut dengan periode intelektual. Pengetahuan anak akan bertambah pesat seiring dengan bertambahnya usia, keterampilan yang dikuasaipun semakin beragam. Minat anak pada periode ini terutama terfokus pada segala sesuatu yang bersifat dinamis bergerak.

Implikasinya adalah anak cenderung untuk melakukan beragam aktivitas yang akan berguna pada proses perkembangannya kelak (Hurlock, 2005). Pendidikan di Sekolah Dasar merupakan jenjang pendidikan yang mempunyai peranan sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia). Dalam hal ini seorang guru perlu untuk mengetahui karakteristik tiap – tiap peserta didik guna membantu dalam hal memberikan bimbingan yang tepat.

Jika seorang guru tidak mengenal karakteristik peserta didiknya maka guru tersebut sama saja seperti acuh tak acuh dalam dunia pendidikan. Kewajiban guru sebagai pengajar, pemberi pelajaran yang tepat diharapkan dapat membuat pengalaman belajar bagi peserta didik. Pembelajaran  yang inovatif, kreatif, modelling dan interaktif adalah dambaan peserta didik.

Sangat disayangkan jika gurunya yang tiap hari mengajar saja tidak bisa mengenal karakteristik peserta didik yang diampu maka pembelajarannya pun tidak akan mencapai hasil yang maksimal sehingga tujuan pendidikan yang diharapkan oleh pemerintah tidak akan tercapai. Maka dari itu guru harus memiliki kemampuan dalam mengkoordinasikan pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didiknya sehingga pembelajaran dapat direncanakan, baik dalam waktu, sumber ajar, staregi mengajar dan lainnya.

Perlunya memahami karakteristik ini supaya pembelajaran dapat lebih berkualitas dan peserta didik mencapai hasil belajar yang maksimal. Berdasarkan karakter peserta didik di sekolah dasar dibagi menjadi dua bagian yaitu kelas rendah dan kelas tinggi. Karakteristik peserta didik juga dapat dilihat dari perkembangan fisik , Psikososial dan Kognitif yang dapat guru terapkan di kelas.

PEMBAHASAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN