Mohon tunggu...
Suci Dinaryati
Suci Dinaryati Mohon Tunggu... Guru - Guru mapel bahasa inggris di SMP N 1 Mijen

Seorang yang sederhana ,tekun dan supel. saya gemar untuk belajar sesuatu yang baru,terutama untuk memasak . Cita rasa masakan yang menjadi sumber kekuatan untuk mencari,menyusun dan memasarkan .Itulah yang menjadi motivasi kegiatan dalam memasak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pendekatan Pembelajaran PJBL Merupakan Metode yang Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Inggris Pada Teks Prosedur Fokus di Kelas 7

4 Maret 2024   21:02 Diperbarui: 4 Maret 2024   21:12 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendahuluan:

1. Konteks Pembelajaran:

Jelaskan mengapa ketrampilan membaca Bahasa Inggris, khususnya pada teks prosedur, penting bagi siswa kelas 7. Diskusikan relevansi kehidupan sehari-hari dan kepentingan memahami petunjuk atau langkah-langkah suatu proses.

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional memegang peranan penting dalam membentuk ketrampilan global siswa, termasuk keterampilan membaca. Pada tingkat kelas 7, siswa memasuki fase perkembangan yang kritis dalam penguasaan Bahasa Inggris, yang mencakup kemampuan memahami teks prosedur. 

Teks prosedur, yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, menjadi landasan penting dalam mengeksplorasi dan memahami langkah-langkah suatu proses. Oleh karena itu, penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) menjadi pilihan yang relevan dan efektif untuk meningkatkan ketrampilan membaca siswa kelas 7, terutama dalam konteks teks prosedur.

Melalui pendekatan PJBL, siswa tidak hanya belajar dari buku teks, tetapi mereka terlibat secara aktif dalam merancang, menyelidiki, dan mengaplikasikan keterampilan membaca mereka dalam situasi dunia nyata. Proyek ini dirancang untuk memberikan siswa kesempatan untuk tidak hanya memahami teks prosedur dalam Bahasa Inggris, tetapi juga untuk mengaplikasikan pemahaman mereka melalui pembuatan panduan langkah demi langkah yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

Dengan demikian, diharapkan bahwa penerapan PJBL ini akan memberikan dampak positif terhadap kemampuan membaca Bahasa Inggris siswa kelas 7, sambil merangsang minat mereka dalam memahami dan menggunakan bahasa ini secara efektif.

2. Tujuan Pembelajaran:

Tetapkan tujuan pembelajaran yang jelas terkait dengan penerapan PJBL untuk meningkatkan ketrampilan membaca. Misalnya, "Siswa dapat memahami dan mengaplikasikan teks prosedur dalam Bahasa Inggris dengan benar."

  • Mengukur Pemahaman Teks Prosedur
  • Tujuan utama dari penggunaan Quizizz adalah untuk mengukur sejauh mana siswa dapat memahami teks prosedur yang berfokus pada pembuatan makanan tertentu seperti nasi goreng, pisang goreng, es teh, dan bubur instan. Siswa diharapkan dapat mengidentifikasi langkah-langkah dengan benar dan memahami urutan yang tepat dalam membuat setiap hidangan.
  • Mengidentifikasi Kata Kunci dan Istilah Khusus:
  • Siswa diarahkan untuk mengenali kata kunci dan istilah khusus yang digunakan dalam teks prosedur, seperti bahan-bahan, peralatan, dan tahapan proses. Tujuan ini memastikan bahwa siswa dapat dengan mudah memahami instruksi dan mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam konteks praktis.
  • Mengembangkan Ketrampilan Literasi Teknologi:
  • Penggunaan Quizizz tidak hanya bertujuan untuk mengukur pemahaman teks, tetapi juga untuk mengembangkan ketrampilan literasi teknologi siswa. Siswa akan terbiasa dengan penggunaan platform digital untuk mengikuti kuis, memahami umpan balik, dan mengevaluasi hasil secara online.
  • Mendorong Pembelajaran Kolaboratif:
  • Quizizz dapat menjadi alat yang efektif untuk mendukung pembelajaran kolaboratif. Tujuannya adalah untuk merangsang diskusi dan pertukaran ide di antara siswa, memungkinkan mereka untuk belajar satu sama lain, dan memperdalam pemahaman masing-masing.
  • Memberikan Umpan Balik Instan:
  • Melalui Quizizz, tujuan ini adalah memberikan umpan balik instan kepada siswa setelah menyelesaikan tes prosedur. Dengan demikian, siswa dapat langsung mengetahui tingkat pemahaman mereka dan mengidentifikasi area di mana mereka mungkin perlu meningkatkan pemahaman mereka.
  • Menilai Kemampuan Aplikasi:
  • Selain memahami teks prosedur, siswa diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam konteks nyata. Oleh karena itu, tes prosedur ini diarahkan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menerapkan instruksi untuk menciptakan hidangan tertentu.

Melalui pencapaian tujuan-tujuan ini, diharapkan bahwa penggunaan Quizizz sebagai alat evaluasi akan memberikan gambaran yang komprehensif

3. Pengenalan Proyek:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun