Mohon tunggu...
Asria
Asria Mohon Tunggu... Guru - Fils mon cher épice de sucre séduit.

Aci lulusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Asli Cipanas – Cianjur. Datang dari kota kecil penuh makna dan tempat kenangan. Waktu kuliah lebih banyak tinggal di Bandung. Sekarang Aci tinggal di Banyuwangi dan bekerja di salah satu SMP dan lembaga bimbingan. Aci senang musik, tayangan, buku, dan berbincang dengan sedikit orang. Sedang belajar meditasi dan menerapkan filosofi stoik dan minimalism. Aci sering memotret terutama makanan.

Selanjutnya

Tutup

Love

Aku Sudah Berusaha

21 Maret 2023   07:44 Diperbarui: 21 Maret 2023   07:59 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aku adalah orang yang kompetitif dan berusaha sekeras mungkin untuk mendapatkan apa yang aku impikan, apa yang aku mau, dan harapan-harapan yang aku bangun. Meskipun dalam prosesnya aku tertatih, terluka, jatuh berkali-kali, tetapi ketika meraihnya ada rasa yang tidak bisa aku sampaikan dengan kata karena bahagianya jauh lebih tinggi. Lalu bagaimana ketika aku tidak mencapainya?

Manusia adalah makhluk penuh kejutan. Segala yang dibangun bisa diruntuhkan begitu saja. Impian, harapan, dan rencana yang sudah aku bangun bisa seketika runtuh begitu saja bahkan sebelum aku sempat meraihnya. Sakitnya sampai aku tidak bisa berkata dan menangis. Titik kekecewaan terbesar adalah ketika kamu sakit dan kamu tidak mampu menangis, marah, dan hanya bisa mematung saja.

Aku selalu berdoa agar aku tidak jahat akan segala kekecewaan. Kekecewaan menemaniku untuk membentuk diriku lebih dari baja. Banyak yang bilang kalau aku kuat, tapi apakah aku memang sekuat itu? Proses menjadi kuat itu panjang. Aku tentu saja akan menjadi sosok paling lemah, but in the end, aku tidak tahu itu akan terjadi berapa lama, aku akan baik-baik saja meskipun tertatih.

Aku sudah berusaha yang terbaik untuk memberikan apa yang aku mampu. Aku sudah berusaha untuk meraihnya. Aku sudah berusaha menjadi diriku yang terbaik. Namun, aku bukan Tuhan yang mampu mengatur segala hal yang terjadi dalam hidupku dari terpaan segala keadaan, kejadian, dan manusia dari luar. Segala dapat terjadi begitu saja. Aku sudah berusaha, dan aku berterima kasih untuk diriku karena sudah melakukannya dengan baik. Aci, terima kasih.

Untuk kalian yang telah berusaha sangat keras, beri apresiasi pada diri kalian. Kalian sudah sangat hebat berada di titik ini dan kalian akan mampu lebih hebat lagi dengan tempaan-tempaan lainnya. Aku yakin, kalian sudah mengerahkan yang terbaik. Untuk itu semua, berterima kasih lah pada diri sendiri karena kalian sudah bertahan, tetap berjalan, dan tetap berusaha untuk hal-hal lain lagi. Aku bangga pada usaha kalian, you are incredible!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun