Mohon tunggu...
StratX KG Media
StratX KG Media Mohon Tunggu... Konsultan - stratx.id

Perusahaan riset dan konsultansi marketing. Berbagi konten mengenai data, temuan, dan riset untuk kembangkan brand dari perspektif manusia dan kultur Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

E-Sport Pilihan

Kue Baru untuk Mendapatkan Awareness: Dunia Esports

17 September 2021   16:53 Diperbarui: 17 September 2021   16:55 72 3 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kue Baru untuk Mendapatkan Awareness: Dunia Esports
Dok. StratX KG Media

Ada yang masih ingat bagaimana omelan orangtua ketika mengetahui kita tengah bermain game berjam-jam?

Pada masa itu, bermain game hanya sekedar pelepas penat saja. Tidak dijadikan hal yang repetitif seperti pekerjaan sehari-hari.

Akan tetapi, hal tersebut berubah signifikan pada masa sekarang ini. Gamer yang dijuluk pro player sekarang jadi salah satu profesi yang mempunyai masa depan. Tidak heran jika sekarang, kita menemukan sosok anak yang berani menyebutkan cita-citanya untuk jadi seorang pro player.

Berbagai kemajuan teknologi mendukung semua hal itu. Terlebih untuk segmen mobile game, tersedia berbagai jenis game yang bisa membuat lupa waktu.

Selamat Datang di Dunia Esports Indonesia

Pro player sekarang ini diklasifikasikan sebagai atlet saat wadah kompetisinya mendapatkan respon yang positif dari berbagai kalangan. Hal ini semakin menarik ketika kita bisa melihat dengan helicopter view untuk mengetahui ekosistemnya.

Seperti ekosistem yang lain, tentu banyak peran yang berkecimpung di dalamnya. Dari sisi bisnis, ini adalah sebuah kesempatan.

Pertanyaan yang muncul di benak adalah, seberapa besar ekosistem esport di Indonesia?

Salah satu cara melihat bagaimana besarnya ekosistem dunia esports di Indonesia adalah dengan mengetahui bagaimana respon konsumen terhadap satu bagian dari ekosistem tersebut, yaitu tim esports.

Pada kuartal III tahun 2021 ini, salah satu tim esport asal Indonesia, yaitu EVOS Esports dinobatkan sebagai organisasi e-sports terpopuler ketiga di dunia.

Hal ini dilaporkan oleh situs web statistik esports global, Escharts, yang sebelumnya juga melaporkan bahwa EVOS Esports mendapatkan jumlah jam tontonan sebanyak 30,31 juta jam pada kuartal II.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten E-Sport Selengkapnya
Lihat E-Sport Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan