Mohon tunggu...
Kapten Jack Sparrow
Kapten Jack Sparrow Mohon Tunggu... Wiraswasta - Content Creator

Instagram: stvnchaniago, Email: kecengsc@gmail.com, Youtube: FK Anime,

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

5 Sparepart Mobil Ini Wajib Diganti Secara Berkala Supaya Mobilmu Nyaman dan Awet!

3 Juli 2022   16:02 Diperbarui: 3 Juli 2022   18:02 245 15 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi sparepart mobil (Sumber: Suara.com)

Mobil adalah salah satu barang mewah yang selalu identik dengan orang-orang berpenghasilan menengah keatas. Mobil juga tersedia dari yang murah hingga yang sangat mahal, mulai dari seratus jutaan hingga miliaran rupiah. Mulai dari Toyota, Honda, Mazda, Mitsubishi, BMW, hingga Tesla, Ferrari, dan Lamborgini.

Namun, semahal apapun mobilnya, tidak akan bisa menunjukkan performa yang maksimal apabila suku cadangnya (Sparepart) tidak dalam kondisi yang prima. Sparepart mobil juga tentunya memerlukan perawatan rutin serta diganti secara berkala, agar performa mobil tetap awet.

Menurut Rita, pemilik toko Chandra Motor selaku distributor sparepart mobil dan motor di Palembang, ada 5 sparepart mobil yang patut dijaga kualitasnya dan diganti secara rutin. Berikut kelima sparepart tersebut:

1. Oli Mesin dan Filter Oli

Oli mesin adalah salah satu komponen sparepart terpenting yang mempengaruhi apakah mobil teman-teman berada dalam performa yang baik atau tidak. Oli mesin berfungsi melumasi mesin supaya dapat berfungsi dengan baik plus menghilangkan geseran antara suku cadang lain di dalam mesin.

Sementara filter oli, seperti namanya, berfungsi untuk memfilter (menyaring) kotoran yang ada di oli. Mobil yang digunakan terus menerus, perlahanan-lahan akan mengurangi kualitas oli dan filter oli. Maka dari itu, oli dan filter oli wajib hukumnya untuk diganti secara berkala.

Toko Chandra Motor sendiri, menyediakan beberapa jenis oli mesin, seperti AHM (MPX dan SPX), TOP 1, Castrol, Federal Oil, hingga Repsol dan Pertamina. Sementara untuk filter oli, tersedia dengan merek Denso, Aspira, Daihatsu, hingga Sakura.

2. Busi

Busi adalah salah satu onderdil mobil yang terbilang cukup kecil, namun memiliki fungsi yang penting. Busi sendiri berfungsi untuk membantu proses pembentukan api ketika proses pembakaran dalam mesin dilakukan.

Busi yang rusak atau sudah lama tidak diganti, akan berdampak pada borosnya konsumsi bahan bakar akibat proses pembakaran yang tidak sempurna di dalam mesin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan