rizky setiadi
rizky setiadi penulis

Seorang Pemuda biasa yang berprofesi sebagai SEO Specialist, Gemar berbagi Ide/cerita , suka bertukar informasi, bukan penggila Uang. TIdak tertarik dengan dunia politik yang penuh dengan drama.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

5 Cara Ampuh untuk Mendapat Beasiswa

4 Januari 2019   14:16 Diperbarui: 4 Januari 2019   15:44 178 0 0
5 Cara Ampuh untuk Mendapat Beasiswa
1-5c2f0505aeebe1286031e757.jpg


Setiap siswa di tahun akhir SLTA pasti sudah mempersiapkan banyak hal untuk menghadapi ujian praktek, UN, dan beberapa tes yang lain. Tak hanya itu, mereka juga mulai sibuk menentukan berbagai universitas yang nantinya akan menjadi tempat belajar mereka selanjutnya.

Biaya di bangku perkuliahan biasanya menjadi kendala bagi kebanyakan orang. Untuk itu, banyak juga yang mulai mencari-cari beasiswa untuk mempermudah perekonomian mereka saat berkuliah. Siapa sih yang tidak ingin dapat beasiswa? Karena merupakan program istimewa, cara mendapatkannya pun tidak mudah. Tapi, 5 cara di bawah ini akan membuat peluang yang didapatkan lebih besar. Berikut 5 cara ampuh untuk mendapatkan beasiswa :

1. Tentukan Beasiswa yang Diinginkan Sebelum Mencarinya

Jika Anda mencari beasiswa terlebih dahulu, Anda mungkin akan dipusingkan dengan banyaknya beasiswa yang tersedia, baik dari program beasiswa pemerintah ataupun beasiswa dari perusahaan atau univeritas itu sendiri. Untuk itu, sebelum Anda besusah payah mencarinya, Anda perlu untuk menentukan beasiswa apa yang Anda perlukan.

Misalnya, Anda harus mengetahui kemampuan Anda terlebih dahulu. Setelah itu, Anda juga harus mengetahui apa yang Anda inginkan dari beasiswa tersebut, seperti biaya kuliah, lanjut untuk kerja, atau hanya dapat uang jajan saja. Selain itu, Anda juga perlu menentukan jurusan kuliah yang Anda inginkan, entah di dalam negeri ataupun di luar negeri. Untuk itu, Anda akan lebih cepat dan lebih mudah menemukan beasiswa sesuai yang Anda inginkan.

 
2. Lakukan Hal Positif Untuk Modal CV

 

Image source: pharmaceutical-journal.com/
Image source: pharmaceutical-journal.com/
CV atau Curriculum Vitae biasanya menjadi suatu hal yang penting dan baik untuk membangun ketertarikan universitas tersebut kepada Anda dan kemampuan Anda. Untuk mendapatkan CV yang bagus, Anda juga memerlukan banyak pengalaman positif misalnya dalam hal organisasi, pencapaian terbesar Anda, memenangkan lomba, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, Anda juga bisa menyertakan kemampuan Anda, misalnya dalam hal coding, design, menulis, editing, dsb. Tapi, Anda juga harus ingat bahwa hal tersebut juga tidak terlalu mengganggu nilai formal atau IPK kamu.

3. Bahasa Inggris Penting Jika Ingin Kuliah di Luar Negeri

Image source: Asaantaleem.org
Image source: Asaantaleem.org
Bagi Anda yang mengincar beasiswa untuk kuliah di luar negeri, maka belajar bahasa Inggris itu sangat penting. Mayoritas dari beasiswa untuk kuliah di luar negeri mempertimbangkan skor TOEFL yang tinggi. Setidaknya skor TOEFL yang Anda miliki sekitar 450-500. Memang terdapat beberapa beasiswa yang tidak mempermasalahkan nilai TOEFL, tapi tetap saja, bahasa Inggris itu penting jika Anda ingin berkuliah di luar negeri.

Selain bahasa inggris, Anda juga bisa mempelajari bahasa di negara yang akan Anda jadikan tujuan untuk berkuliah di luar negeri. Selengkapnya silahkan lihat Biaya kuliah Swiss German University 

4. Pantang Menyerah

Image source: captionquote.blogspot.com
Image source: captionquote.blogspot.com
Terdapat banyak sekali beasiswa di Indonesia, baik itu beasiswa untuk kuliah di dalam negeri maupun luar negeri. Jika Anda sudah pernah bahkan sering mendaftar beasiswa namun belum ada satupun yang diterima, maka janganlah berputus asa. Jika Anda benar-benar menginginkan untuk mendapat beasiswa, Anda tidak boleh lelah untuk mengisi form beasiswa sebanyak mungkin. Pantang menyerah dan terus berusaha adalah kunci untuk berhasil.

5. Berdoa dan Berbuat Baik Kepada Sesama

Image source: dictio.id
Image source: dictio.id
Doa adalah hal yang luar biasa. Mintalah restu dan doa kepada kedua orang tua serta berbuat baiklah kepada semua orang. Rezeki akan mengikuti Anda kemana pun Anda pergi serta keinginan Anda untuk mendapatkan beasiswa akan tercapai.

Ikuti facebook Swiss German University untuk melihat informasi terbaru seputar beasiswa