Mohon tunggu...
Stefani Ditamei
Stefani Ditamei Mohon Tunggu... K-drama Enthusiast

Mahasiswa semester akhir program studi Ilmu Politik di Universitas Jenderal Soedirman.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Yutuk alias Undur-undur Laut: Kuliner Laut yang Unik, Berani Coba?

14 Mei 2021   11:25 Diperbarui: 14 Mei 2021   11:41 165 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yutuk alias Undur-undur Laut: Kuliner Laut yang Unik, Berani Coba?
Yutuk alias Undur-undur Laut: Kuliner Laut yang Unik, Berani Coba? (Kompas.com/Markus Yuwono)

Saya adalah penggemar kuliner laut yang seringkali menjelajah rekomendasi kuliner di internet. Tidak jarang saya mencari referensi kira-kira makanan apa saja yang belum pernah saya cicipi, termasuk saat saya menemukan yutuk alias undur-undur laut saat berselancar di Youtube. Yutuk atau undur-undur laut adalah sejenis hewan laut yang mirip dengan kepiting, berkulit keras dan sebangsa krustasea. 

Mereka hidup di pesisir pantai, berada di antara ruas-ruas pasir pantai dan dapat ditemukan di setiap daerah pantai berpasir, kecuali wilayah kutub. Yutuk atau undur-undur laut bervariasi ukurannya, ada yang besar hingga yang kecil. Undur-undur laut besar biasanya dimasak dengan bumbu asam manis dan yang kecil juga bisa diolah dengan cara digoreng dan jadi rempeyek. 

Saya secara pribadi belum pernah mencicipi yutuk secara langsung. Namun beberapa kali menonton review dan cara menangkapnya di Youtube. Ada yang mengatakan bahwa yutuk atau undur-undur laut rasanya gurih, mirip dengan kepiting/udang, jika dimasak juga berwarna oranye tua cerah seperti udang dan kepiting yang matang.

Baca juga: Laut Indonesia sebagai Pesona Dunia dan Masa Depan oleh Anak Laut 

Bagaimana Cara Menangkap Yutuk atau Undur-undur Laut?

Yutuk adalah hewan laut yang bergerak gesit dan sangat cepat. Kita harus bersaing dengan deburan ombak karena dengan sekejap Yutuk bisa menggali pasir dan hilang dari pandangan. Namun, jika kita cekatan dan cepat menangkap yutuk, dengan mudah juga untuk memperoleh mereka. 

Usahakan untuk mencari yutuk di pasir yang ada tanda lubangnya. Biasanya yutuk akan menggali pasir dan bersembunyi di sana. 

Undur-undur laut yang segar (Dok. Trans7)
Undur-undur laut yang segar (Dok. Trans7)

Mengolah Yutuk atau Undur-undur Laut

Biasanya Undur-undur Laut yang berukuran kecil dapat diolah menjadi peyek atau digoreng kering. Seperti olahan peyek pada umumnya, Yutuk digoreng bersamaan dengan adonan peyek. Goreng hingga kering dan matang sempurna. Yutuk siap dihidangkan dengan nasi panas dan sambal goreng.


Selain diolah menjadi rempeyek, yutuk juga bisa digoreng dengan bumbu asam manis seperti pengolahan seafood pada umumnya. Cita rasa dan aroma khas laut turut menambah kenikmatan Yutuk sebagai olahan laut yang tidak kalah nikmat dari kepiting dan udang/

Baca juga: Nikmatnya Peyek Undur-undur Laut oleh Rasimun Way 

Manfaat Mengonsumsi Undur-undur Laut

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x