Mohon tunggu...
fanky christian
fanky christian Mohon Tunggu... Full Time Blogger - IT Specialist, DCMSolusi, DCMGroup, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, IndoBitubi, 521Indonesia

IT Specialist, khususnya infrastruktur, aktif di beberapa Asosiasi IT, suka mengajar dan menulis, fokus kepada IT , enterpreneurship, content marketing. Mengembangkan Daya Cipta Mandiri Group, EventCerdas, 521Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Metaverse

DTC: Metaverse di Depan Mata, Smart City Kita Siapkah?

2 Oktober 2022   10:37 Diperbarui: 2 Oktober 2022   10:43 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembahasan Penerapan Metaverse (Koleksi Pribadi)

Memahami tren belakangan ini, metaverse menjadi salah satu kata yang mendominasi diskusi dan trending sosial media kita. Bahkan sampai nama perusahaan holding Facebook diganti menjadi Meta. Meta menjadi tujuan, destinasi dari Mark Zuckerberg, dan juga banyak perusahaan dunia lainnya. Mengapa ?

Metaverse, sebenarnya bukan hal baru. Sejak tahun 1992, Neal Stephenson menciptakan istilah metaverse ini. Disebutnya istilah ini dalam novel karyanya, dimana menggambarkan dunia 3D virtual, yang dihuni oleh avatar dari manusia sesungguhnya. Artinya, ini ada perwakilan kita sebagai manusia real, di dalam dunia virtual yang dikenal dengan avatar. 

Dunia virtual ini ternyata tidak hanya sebatas untuk saling terkoneksi. Karena dengan avatar, kita bisa saling berkenalan dengan avatar lainnya di dalam dunia virtual itu. Tapi lebih dari itu ternyata. Dengan perwakilan avatar kita, kita bisa melakukan banyak hal. Apa yang manusia real lakukan, kemudian dibuatkan versi virtualnya juga. 

Maka orang bisa bekerja secara virtual (baca: avatar bekerja secara virtual), kita bisa membeli dan menjual di dalam dunia virtual. Tidak hanya itu, gabungan antara dunia nyata dan virtual diakses melalui media Virtual Reality , media Augmented Reality (AR). 

Ini kita rasakan meledak dalam beberapa tahun lalu, dimana game POKEMON mendunia. Itulah kesuksesan terbesar dari implementasi Augmented Reality. 

Tidak hanya berhenti disana, tapi dunia virtual telah menjadi bagian keseharian kita. Kita hadir dalam berbagai sosial media yang notabene juga adalah virtual. Kita bisa ada dimana-mana dengan menggunakan video call. Kita bergerak sehari-hari dengan menggunakan media online meeting, video call, dan sosial media. 

Dunia virtual ini juga dikenal awalnya sebagai immerse technology, kemudian ada virtual reality (VR), lalu Augmented Reality (AR). Kehidupan kita bergabung dengan berbagai teknologi ini tanpa kita sadari. Dengan VR, kita hadir dalam dunia virtual. Dengan AR, dunia fisik kita terintegrasi dengan dunia virtual kita. Dan sekarang juga ada istilah Extended Reality (XR). 

Lalu dimana peran smart city ?

Inilah yang akan kami bahas secara detail dalam suatu forum. Forum IISMEX (Indonesia International Smart City Expo and Forum), forum bergengsi yang sejak tahun 2019 telah ada, terdiri dari komponen pentahelix, tidak hanya administrasi pemerintahan terkait dengan implementasi smart city, ada juga industri, akademisi dan lebih jauh publik pun diharapkan terlibat.

Kami nantikan kehadiran anda dalam forum ini, dimana akan muncul para pembicara keren, diantaranya Ilham Habibie - WANTIKNAS , Ades Aulia dari V2 Indonesia, dan Tay Kok Chin - Smart City Network for ASEAN.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Metaverse Selengkapnya
Lihat Metaverse Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun