Mohon tunggu...
fanky christian
fanky christian Mohon Tunggu... Full Time Blogger - IT Specialist, DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, ICT4CC, 521Indonesia

IT Specialist, khususnya infrastruktur, aktif di beberapa Asosiasi IT, suka mengajar dan menulis, fokus kepada IT , enterpreneurship, content marketing. Mengembangkan Daya Cipta Mandiri Group, EventCerdas, 521Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Money

Startup Digital Tetap Usaha Rintisan

13 Juni 2022   08:43 Diperbarui: 13 Juni 2022   09:21 240 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Geliat startup Indonesia memasuki tahapan baru. Saat ini sedang heboh berbagai startup kebanggaan Indonesia, yang mungkin semasa pandemi, menjadi sangat bersinar, kemudian sekarang ini mendadak melakukan suatu hal yang awalnya tidak disangka, yaitu pengurangan karyawan. 

Dari awal startup ada, termasuk startup digital, memang harus ada banyak hal yang diperhatikan. Startup, atau usaha rintisan, sesuai dengan namanya adalah usaha yang merintis dari awal. Permasalahannya, banyak orang menganggap, bekerja di startup adalah suatu kebanggaan, karena gajinya besar, dan namanya terkenal. 

Ini memang adalah salah satu strategi marketing startup digital apapun, yaitu sedapat mungkin, startup digital menjadi sangat terkenal, dengan tujuan tentu mendapatkan perhatian para investor, dan kemudian bisa menarik talenta digital terbaik menjadi tim nya. 

Tidak sedikit, anak muda Indonesia, bahkan perusahaan yang telah berdiri lama, mengubah pola usaha mereka menjadi menggunakan pendekatan startup. Atau , istilah saya, startup-way. Namun, apapun itu, tujuannya tetap sama. 

Bila bicara perusahaan pada umumnya, maka pendekatan yang harus dilakukan adalah mendefinisikan produk dan solusi mereka, sesuai dengan target market mereka. Dalam pembahasan sebelumnya, saya telah membahas mengenai TAM - SAM dan SOM

Disinilah kepintaran startup mendefinisikan dengan jelas, kemampuan bisa menentukan TAM-SAM-SOM ini akan membedakan usaha kita, termasuk usaha rintisan kita. 

Berikutnya setelah mengetahui target market kita, maka kita harus mendefinisikan dengan baik, siapakah competitor (pesaing) dan kanal distribusi usaha kita. 

Ini sangat penting juga, agar bisa memastikan , apa yang menjadi keinginan customer (customer preference), serta mengevaluasi daya saing internal. Dengan memastikan daya saing internail, maka kita akan mengetahui kekuatan dan sekaligus kelemahan kita. 

Analisa selanjutnya adalah mengevaluasi company value proposition. Apa yang bisa ditawarkan dengan baik oleh perusahaan. Lagi ini juga menganalisa ke dalam, internal kita sendiri dulu. 

Lalu, kita tentukan semua hal tadi dalam pemahaman bagaimana kita mengembangkan usaha kita. 

Pendekatan yang dipakai adalah, DEFEND, bertahan, apa yang bisa kita pertahankan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan