Mohon tunggu...
fanky christian
fanky christian Mohon Tunggu... Full Time Blogger - IT Specialist, DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, ICT4CC, 521Indonesia

IT Specialist, khususnya infrastruktur, aktif di beberapa Asosiasi IT, suka mengajar dan menulis, fokus kepada IT , enterpreneurship, content marketing. Mengembangkan Daya Cipta Mandiri Group, EventCerdas, 521Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Money

Kenali TAM-SAM-SOM Untuk Usaha Anda

17 Mei 2022   09:09 Diperbarui: 17 Mei 2022   09:29 1189 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
TAM-SAM-SOM - Koleksi Pribadi 

Dalam salah satu pembelajaran materi Shifting-Up dari KBC (Kingdom Business Community), kami sedang membahas aspek CUSTOMER. Customer tidak bisa dianggap remeh. Sebagian besar kita justru terjebak dengan marketing, operasional bahkan melihat angka terus di akunting keuangan, padahal aspek pelanggan, customer justru terlupakan.

Kita kadang melihat, hanya dengan marketing yang meledak, viral, maka customer akan berdatangan, dan diharapkan mereka belanja di tempat kita. Padahal seharusnya kita membedah siapakah sebenarnya konsumen, pelanggan atau customer di usaha kita.

Coba kita kenali tiga istilah ini, yang mungkin lebih banyak dibahas di komunitas startup, padahal ini bisa untuk semua jenis bisnis kita.

TAM - Total Available Market

Coba lihat, usaha kita masing-masing, siapakah sebenarnya market nya, pelanggannya. Berapa besar mereka. 

Bila anda jualan LED TV, siapakah calon pengguna LED TV ? Jawabnya adalah yang sekarang belum pakai LED TV, yang masih pakai TV Tabung. Lalu Siapakah mereka ? Ada di manakah mereka ? Mengantar kita ke hal berikutnya.

SAM - Serviceable Available Market

Oke anda sudah tahu, 260 juta penduduk Indonesia, 30-40% sudah beralih ke LED TV, artinya masih ada minimal 60% yang masih gunakan TV lama, dan siap ditawarkan LED TV. Apa yang kita tawarkan dalam produk kita ? LED TV biasa yang dukung TV analog, atau LED TV yang sudah mendukung TV digital, Smart LED TV ? Dimanakah pelanggan kita berada ? Kota-kota besar Indonesia , atau pelosok daerah , kapan TV digital menjadi hal utama. Dimana mereka bisa kita layani dengan baik ? Berikutnya jawabannya.

SOM - Serviceable Obtainable Market

Jadi sudah tahu mereka ada di kota-kota besar yang perlu Smart LED TV, yang bisa langsung TV digital, bisa langsung akses Internet TV, disesuaikan dengan jadwal migrasi TV digital, ditawarkan bundling dgn Smart LED TV ini. Jadi tujuannya, menjual Smart LED TV seiring dengan migrasi TV digital, terutama di kota besar yang tersedia Internet. Maka kita akan mencari mitra ISP (Internet Service Provider) yang bisa bundling menawarkan Smart TV LED. Umumnya pelanggan kita ini keluarga muda, keluarga yang suka nonton video Youtube di TV, mereka yang melek teknologi, dan inilah sebenarnya target produk kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan