Mohon tunggu...
Sri Yamini
Sri Yamini Mohon Tunggu... Guru SD

Suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Cerita Ramlan

Aku Naik Kelas atau Tinggal Kelas?

11 Juni 2018   14:53 Diperbarui: 11 Juni 2018   23:14 1044 1 0 Mohon Tunggu...
Aku Naik Kelas atau Tinggal Kelas?
Dokpri

Pembagian rapot semester 2 pada hari Sabtu, 09-06-2018 pukul 10.00 -selesai, berarti selesai sudah tugasku sebagai wali kelas kelas 1 SD pada tahun pelajaran 2017-2018. Mungkin dalam hati yang paling dalam  murid-muridku ada yang bertanya kepada dirinya:"Apakah aku naik kelas /tinggal kelas??? 

Dokpri
Dokpri
Begitu juga orang tua murid juga pasti sama pertanyaannya :"Apakah anakku naik kelas/tinggal kelas/kira-kira jumlah nilai dan nilai rata-rata berapa/kira-kira sekarang jadi rengking berapa??? Itulah pertanyaan yang akan muncul dalam bathinnya. 

Dokpri
Dokpri
Setelah wali kelas menyampaikan kesan dan pesan kepada orang tua murid dan muridnya dilanjutkan dengan memanggilan murid yang terbaik yaitu rangking ke 1-10 besar. Sebenarnya dalam Kurikulum 2013 tidak boleh mencantumkan rangking di dalam rapot. Dengan tujuan menghindari murid yang nilainya kurang/pas kkm. Supaya di dalam kelas tetap terjaga dan situasi yang selalu kondusif tidak membedakan antara murid yang paling pandai, sedang dan kurang. 

Tetapi wali kelas harus mempunyai catatan mana murid yang terpandai, sedang dan kurang.Tujuannya supaya mudah untuk memberikan pengayaan kepada murid yang terpandai agar tidak mengganggu murid yang lain. Begitu juga supaya mudah memberikan remedial kepada murid yanh kurang. 

Alhamdulillah dari jumlah murid 40 orang diantaranya ada 3 murid yang belum lancar membaca. Padahal program wali kelas kekas 1 yaitu 3 bulan pertama di semester 1 murid-murid harus bisa membaca (dikte) , menulis dan berhitung . Tetapi tetap saja ada yang belum mampu menyelesaikan dalam 1 tahun. 

Ada beberapa faktor mengapa murid tidak bisa membaca yaitu :

1.Perhatian orang tua terhadap anak kurang fokus. 

2. Pekerjaan orang tua terlalu sibuk

3.Komunikasi antar anak dan orang tua kurang harmonis 

4.Status perceraian orang tuanya, sehingga anak selalu berpindah tempat untuk bersekolah

5.Tinggal dengan kakek, nenek, paman bibi bahkan dengan orang lain

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN