Mohon tunggu...
Sri Wangadi
Sri Wangadi Mohon Tunggu... 📎Memulai dengan Bismillah

📩 swangadi27@gmail.com 🔁 KDI - BTJ

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Anjay, Giring Ganesha, Dilarang Live Streaming

1 September 2020   16:11 Diperbarui: 2 September 2020   10:19 135 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Anjay, Giring Ganesha, Dilarang Live Streaming
foto: tribunnews

Welcome September ......

Memasuki bulan september, pikiran kita biasanya teringat akan istilah "September Ceria". Sebenarnya bulan september sama saja dengan bulan-bulan sebelumnya. Yang membedakan hanyalah bagaimana kita mengisi aktivitas dalam keseharian kita.

Tepat hari ini, kita memasuki bulan baru, yaitu bulan september. Sebelum itu, saya mau mengajak kita mengingat kembali tentang berita yang cukup viral di dunia pemberitaan dan dunia media sosial akhir-akhir ini.

Istilah "anjay", berita tentang Giring Ganesha yang mau nyapres, dan adanya gugatan RCTI soal live streaming adalah beberapa peristiwa yang menghiasi pemberitaan nasional pada akhir agustus lalu. Media sosial pun tidak kalah antusias untuk merespon kabar heboh tersebut, dan seperti biasa, ada yang pro dan ada pula yang kontra, tapi banyakan yang kontra sih.

Perkembangan berita tidak terlepas dari pengaruh opini nitizen yang dengan cepat merespon kejadian yang ada.

Tingkat pengguna media sosial yang cukup tinggi, memudahkan konten yang sedang hangat diperbincangkan menjadi cepat viral. Sebut saja bunga, eh maksud saya sebut saja istilah "anjay" yang langsung nangkring di list trending topik twitter akibat surat edaran Komnas PA yang meminta untuk menghentikan kata "anjay".

Menurut saya pribadi, hal tersebut sah-sah saja untuk dilarang, tapi disesuaikan dengan kondisinya aja. Jangan hanya meributkan satu hal, tapi melupakan hal sejenis yang lebih urgent untuk dipertimbangkan. Pada kenyataan yang terjadi di masyarakat, masih banyak istilah atau kata yang memiliki dampak yang jauh lebih buruk dibanding dengan kata anjay.

Saran saya, komnas PA fokus saja pada tindakan bullying yang masih banyak terjadi pada lingkungan anak-anak. Hal itu lebih urgent dibanding fokus pada satu istilah yang sampai saat ini masih banyak yang belum paham arti sesungguhnya istilah anjay tersebut. Buktinya, pencarian kata kunci "arti kata anjay" menempati posisi trending topik dengan pencarian sekitar 20 ribu lebih penelusuran hingga saat ini.

Selanjutnya tentang Giring Ganesha yang mendeklarasikan diri jadi capres 2024. Menurut saya sah-sah saja. Toh, hak dia untuk bercita-cita. Namun, jangan sampai "ada udang di balik batu". Menjadi pemimpin, apalagi se level presiden bukanlah ajang  prank untuk menaikan pamor sebuah partai. Kita doakan saja yang terbaik.

Next, masalah gugatan RCTI terkait UU penyiaran yang kemarin viral di jagat maya. Hal tersebut justru bikin ribet dan membatasi nitizen untuk berekspresi, apalagi bagi selebgram atau youtuber pemula yang baru menapaki dunia live-live-an. Bayangkan saja, masa hanya gara-gara live IG bisa masuk penjara, padahal dianya hanya live bentar buat dagang, nyari duit atau pengen berbagi hal positif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x