Mohon tunggu...
Sri Rohmatiah Djalil
Sri Rohmatiah Djalil Mohon Tunggu... Wiraswasta - Ibu rumah tangga hobi menulis

IG. GaleriRidho_Sri Email : srirohmatiah@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Kiat-kiat Mengurangi Rambut Rontok Jelang Usia Lima Puluh Tahun

27 Juni 2021   16:35 Diperbarui: 27 Juni 2021   16:43 305 21 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kiat-kiat Mengurangi Rambut Rontok Jelang Usia Lima Puluh Tahun
Ilustrasi rambut rontok, gambar dari kompas.com/foto by AndreyPopov

Hai, Sobat,

Jelang usia lima puluh tahun atau jelita, banyak sekali keluhan. Mulai dari lutut keseleo hingga rambut rontok. Padahal rambut bagi wanita adalah mahkota. Jika ada sehelai pun yang rontok akan segera mencari solusi. Berbeda dengan laki-laki, pada umumnya para laki-laki akan cuek, botak ya wes ben lah.

Seperti suami ketika diprotes anak cowok.

"Papah, kepalanya botak!"

"Ya wes ben, tarahan wes tua," jawabnya singkat.

Ibu saya dulu sering menggunakan minyak urang aring, katanya untuk mencegah kerontokkan. Namun, setelah usia 60 tahun tidak begitu memperhatikan keindahan rambut. Bahkan memotong rambut pun menyuruh saya, tidak berpikir untuk ke salon.

Rambut rontok dapat terjadi pada siapa saja, baik remaja, usia jelita, usia lansia. Rambut rontok adalah masalah individu. Setiap orang memiliki sebab dan perawatan yang berbeda.

Saya punya pengalaman dengan rambut rontok. Usia jelita tiba-tiba rambut banyak yang tertinggal di sisir. Anak cewek menyarankan memakai shampo miliknya, tetapi baru beberapa kali pakai, kepala saya benjol kecil-kecil. Benjolan itu jika digaruk akan mengelupas seperti luka kering, tetapi tidak seperti ketombe yang putih.  

Sampo yang dipakai anak cewek ternyata tidak cocok dengan kulit kepala saya. Permasalahan saya menjadi bertambah, rambut rontok dan infeksi kulit kepala. Sempat agak frustasi karena benjolan sebiji kacang kedelai itu tidak satu, dua, tetapi hampir seluruh kepala. Jalan satu-satunya saya pergi ke dokter kulit untuk melakukan perawatan.

Dokter kulit

Ketika perawatan ke dokter kulit, saya tidak memikirkan rambut yang rontok. Langkah pertama menyembuhkan infeksi pada kulit kepala. Dokter memberi resep dua salep, sampo dan vitamin E yang harus diminum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN