Mohon tunggu...
Sri Rohmatiah
Sri Rohmatiah Mohon Tunggu... Penulis Buku "Kalau Berbeda, Lalu Kenapa?"

Photo

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Tetap Bugar dengan Gaya Hidup Sehat Bersama Kojima

4 Mei 2021   22:00 Diperbarui: 4 Mei 2021   22:17 152 14 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tetap Bugar dengan Gaya Hidup Sehat Bersama Kojima
sumber gambar dokumen kompasiana.com

Memiliki tubuh bugar dan sehat sangat diimpikan semua orang. Namun, terkadang kita hanya mengejar sehat. "Sehat dan bugar tentu berbeda," ujar dokter spesialis kesehatan olahraga Michael, Tempo.com.

Bugar adalah kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan energi dan penuh semangat. Sedangkan sehat adalah keadaan tubuh yang baik secara fisik, mental, sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi.

Untuk mendapat tubuh yang sehat dan bugar kita harus mengubah gaya hidup. Gaya hidup yang baik tentu akan memperhatikan pola makan dan pola hidup sehari-hari. Pandemi telah mengubah sebagian orang menjadi kaum rebahan dan jarang olahraga.

Gaya hidup yang baik akan memperhatikan olahraga dan asupan makanan masuk ke dalam tubuh. Puasa adalah saat yang tepat untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat supaya mendapatkan tubuh yang bugar, fit. Namun, penting bagi kita memperhatikan banyak hal supaya tidak terjadi dehidrasi atau kekurangan tenaga pada saat olahraga.

1.  Tempat dan waktu.

Selama puasa saya membuat perencanaan untuk olahraga terutama masalah waktu dan tempat.

Waktu yang tepat menurut alodokter adalah sore hari sebelum berbuka, malam sesudah buka puasa dan satu jam setelah sahur.

Olahraga pada saat sore hari adalah waktu yang tepat. Saya paling suka olahraga 30 menit menjelang berbuka karena ketika kondisi sudah capek segera akan mendapatkan nutrisi terutama dari Kojima. Madu, dengan 3 Kebaikan "Korma, Jinten,dan Madu.

Malam hari juga waktu yang tepat untuk olahraga. Setelah berbuka tubuh telah mendapat asupan sehingga akan lebih efektif. Namun, olahraga juga harus memperhatikan beberapa hal, di antaranya, jangan terlalu kenyang saat berbuka, jangan mendekati waktu tidur. Setidaknya satu jam sebelum jam tidur.

Setelah sahur, juga cocok untuk olahraga karena tubuh baru saja mendapat energi dari makanan yang kita konsumsi. Tambahan energi juga ada dari Kojima yang diminum pada saat sahur dan berbuka puasa. Kojima dengan kandungan Madu, jinten, korma akan menambah energi dan meningkatkan imun tubuh.

dokumen pribadi
dokumen pribadi
2.  Asupan makanan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN