Mohon tunggu...
Sri Rahmawati
Sri Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Nama saya sri rahmawati saya adalah adalah salah satu mahasiswa di FEB ,saya sangat suka bisnis.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Modul Nusantara PMM 2 Universita Jember

24 September 2022   04:15 Diperbarui: 24 September 2022   04:58 33 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan salah satu program baru dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Dengan mengikuti program ini, mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan di luar program studi dan perguruan tingggi asal selama satu semester dan ada kegiatan Modul Nusantara yang ditawarkan dalam program ini  untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang kebinekaan, wawasan kebangsaan dan cinta tanah air yang meliputi empat jenis kegiatan; kebinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial. sehingga memungkinkan individu untuk berinteraksi dengan masyarakat yang berbeda(status sosial ekonomi budaya).Para mahasiswa akan mengeksplor budaya setiap hari sabtu dan minggu untuk  memahami kebhinekaan dan toleransi.

Perkenalkan saya mahasiswi Universitas Negeri Makassar program studi Ekonomi Pembangunan angkatan 2020 dan sekarang saya sedang mengikuti Program pertukaran mahasiswa merdeka 2 di Universitas Jember.Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya selama mengikuti kegiatan modul nusantara di kab.jember.

Pada tanggal 3 september 2022 kami melakukan kegiatan di Taman Edukasi Kebangsaan Universitas Jember.Mahasiswa melakukan perkenalan dengan mahasiswa lain sehingga setiap mahasiswa mampu memahami lebih dalam keanekaragaman budaya dan adat istiadatnya.Setelah perkenalan, dilanjutkan games tebak budaya dengan ular tangga kebudayaan.Dan selanjutnya pada tanggal 10 september kami Menonton Fikm Bhako secara mandiri kemudian menganalisis film tersebut yang dilakukan di meseum huruf jember agar kami lebih mengenal keragaman aksara nusantara dengan menghadirkan narasumber dan berdialog bersama.Kemudian pada tanggal 11 september 2022 kami Berdiskusi yang dilakukan di daerah Rembangan untuk mengemukakan review makanan yang telah dicoba oleh mahasiswa PMM dan wawancara dengan enterpreneur kuliner di Jember sebagai sarana memperkenalkan budaya  masing-masing dan disajikan juga makanan khas Jember sehingga semua mahasiswa memahami keragaman antar budaya di bidang kuliner nusantara.

Dari kegiata Modul Nusantara yang sudah berjalan hingga kebhinekaan 3.Banyak pengalaman dan pembelajaran yang saya dapatkan.Saya jadi memahami dan mengenal keanekaragaman budaya dan adat istiadat dari berbagai daerah,mengetahui keberagaman aksara nusantara,dan budaya kuliner yang ada di jember serta tempat-tempat wisatanya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan