Mohon tunggu...
Sri Kismiyati
Sri Kismiyati Mohon Tunggu... Guru - Guru SMK

Guru Bahasa Indonesia SMKN 7 Semarang

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Membangkitkan Minat Belajar Bahasa Indonesia di Masa Pandemi

16 Juli 2021   23:25 Diperbarui: 16 Juli 2021   23:26 201 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membangkitkan Minat Belajar Bahasa Indonesia di Masa Pandemi
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Di masa pandemi covid-19 saat ini berdampak pada dunia pendidikan khususnya bagi siswa SMK, mengapa demikian? Karena siswa SMK mayoritas ekonomi orang tua kurang mampu. Sehingga mempengaruhi kemampuan berfikir siswa SMK tersebut termasuk minat dalam belajar. Sedangkan di saat pandemi proses belajar mengajar hanya melalui tatap maya atau disebut daring. Oleh sebab itu, sebagai guru mata pelajaran bahasa Indonesia harus bisa berinovasi dalam menyampaikan materi- materi pembelajaran.

Guru dapat membangkitkan minat belajar Bahasa Indonesia dengan mengaitkan fenomena yang ada disekitar siswa SMK tersebut. Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan proses terjadinya fenomena dengan sejelas- jelasnya dan faktual. Guru dapat memberikan arahan kepada siswa untuk menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan teks eksplanasi yang benar.

Sehingga siswa merasa tertarik untuk menceritakan fenomena covid-19 yang mereka alami di lingkungan sekitar menjadi sebuah teks eksplanasi. Harapannya setelah siswa terampil dalam menulis teks eksplanasi dapat mengeksplor bakat dalam menulis berita atau artikel di media massa.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN