Mohon tunggu...
Srika Rahmawati
Srika Rahmawati Mohon Tunggu... Bismillah barokah

semoga selalu "bismillah dan alhamdulillah"

Selanjutnya

Tutup

Hobi

KKN UNS Era Covid-19: Tetap Produktif di Rumah Aja

2 Agustus 2020   22:00 Diperbarui: 2 Agustus 2020   21:55 15 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UNS Era Covid-19: Tetap Produktif di Rumah Aja
kolase -- Dok. pribadi

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Sebeleas Maret pada era pandemi Covid-19 ini berbeda dengan pelaksanaan KKN ditahun-tahun sebelumnya. KKN UNS era Covid-19 dilaksanakan secara individu atau mandiri di masing-masing daerah tempat tinggal mahasiswa dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan. KKN ini dibagi menjadi tiga gelombang dan ditiap gelombangnya dilaksanakan selama 45 hari.

Salah satu mahasiswa UNS yang melaksanakan KKN di era Covid-19 ini bernama Srika Rahmawati (H0717137) yang dibimbing oleh Ir. Sudiyono, M.S. selaku dosen pembimbing lapangan (DPL). Srika melaksanakan KKN Batch III ini di Dusun Mekarsari RT 04 RW 07, Cinyawang, Patimuan, Cilacap dimulai pada tanggal 10 Juni hingga 17 Juli 2020. Dirinya mengambil tema besar "Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19".

"Saya berharap dengan diadakannya KKN di era Covid-19 ini, masyarakat akan lebih mematuhi protokol kesehatan, dan tetap produktif  selama dirumah" katanya.

Salah satu program kerja yang ia dijalankan adalah penanaman serta pembagian benih tanaman sayuran. Tanaman yang dipakai adalah cabai rawit, karena tanaman ini hampir ditiap masakan akan digunakan oleh warga dan cara tanam serta pemeliharaannya pun mudah dilakukan. Penanaman ini akan membuat warga lebih produktif selama "Dirumah Aja".

Program lainnya adalah memberikan pemahaman tentang PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) baik lewat media social maupun secara langsung (bertatap muka) dengan warga. Ia membagikan masker serta menjelaskan tentang pencegahan Covid-19, diantaranya adalah menjaga jarak, cara mencuci tangan yang baik, serta cara pakai masker yang benar. Kegiatan ini bertujuan agar warga tetap menerapkan protocol kesehatan, baik diluar rumah maupun didalam rumah. Ia juga membuat hand sanitizer dari bahan yang mudah ditemukan dan dibuat oleh warga, yaitu daun sirih dan jeruk nipis.

VIDEO PILIHAN