Mohon tunggu...
SRI HARTONO
SRI HARTONO Mohon Tunggu... Supir - Tukang Ojek Online

Susah amat sih mencoba menjadi orang baik...

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Pemain Individual, Ulah Suporter Indonesia?

4 Juli 2022   10:25 Diperbarui: 4 Juli 2022   10:28 127 12 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ronaldo Kwateh /Davao vao - kingpelangi.org

Sabtu malam lalu Timnas Indonesia U19 berlaga melawan Timnas Vietnam di Piala AFF U19. Laga berkesudahan 0-0 karena kedua tim tak mampu menjebol gawang lawan. 

Sebenarnya garuda muda kita mempunyai beberapa peluang emas untuk menjadi gol. Namun peluang tersebut terbuang percuma karena beberapa pemain  bermain individual, ingin membuat membuat prestasi tersendiri dengan mencetak gol. 

Mengapa pemain muda cenderung bermain invidual? 

Jika ingin instropeksi, suporter Timnas Indonesialah yang sebenarnya berperan paling besar. 

Selain pecinta bola kebanyakan, suporter kita termasuk pejabat, kepala daerah, ketum parpol, pengusaha, youtuber dll, sangat gemar memberikan apresiasi kepada timnas bila dianggap berprestasi. Yang disebut prestasi itu belum tentu juara, lolos dari kualifikasi kejuaraan tingkat Asia saja sudah dielu elukan. 

Karena dianggap berprestasi, apresiasi lalu diberikan berupa materi dan non materi. Bonus berupa uang, rumah, beasiswa dan jaminan kerja (PNS, Polri, TNI) sudah menanti. Para Pemain kemudian diarak kemana mana sambil lalu diundang ke acara TV. Mereka menjadi terkenal bak selebriti tanah air. 

Netizen tak luput dari memviralkan pencapaian mereka. Segala puji puji dilontarkan diikuti bertambahnya follower di akun medsos. 

Mereka dianggap pahlawan di usia muda. Para gadis berharap bisa menjadi pasangan, sementara mak mak tidak ketinggakan ingin meminang mereka menjadi menantunya. Tiada hari tanpa pembicaraan mengulas para idola. 

Pemain yang dianggap 'menjual' kemudian dijadikan bintang iklan dan endorse produk. Jika sangat menonjol, ada kemungkinan mereka merumput diluar negeri. Kesempatan menjadi pemain internasional terbuka lebar. 

Evan Dimas, Egi Maulana Fikri Witan Sulaeman adalah beberapa pemain yang bisa menjadi contoh pemain dengan gelontoran apresiasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan