Mohon tunggu...
Srigading Lawang
Srigading Lawang Mohon Tunggu... Relawan - SEORANG YANG INGIN BAHAGIA

HIDUP ITU HARUS MEMILIH

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Penataan dan Perbaikan Perpustakaan Desa Srigading oleh Mahasiswa KKN UM Guna Meningkatkan Minat Baca

28 Juli 2021   13:31 Diperbarui: 28 Juli 2021   14:37 66 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Srigading, Lawang- Pesatnya perkembangan teknologi saat ini tentunya tidak hanya memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia, tetapi juga memberikan dampak negatif bagi masyarakat tidak bijak menggunakan teknologi. Terutama berdampak pada anak-anak yang mulai beralih kepada gadget sebagai media bermain dan belajar. 

Namun banyak sekali kasus anak-anak tidak bijak dalam menggunakan gadget, sehingga anak-anak pasif dalam melakukan kegiatan lain seperti bermain diluar, membaca buku, dll.

Melihat hal itu Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang, mencoba menarik anak-anak desa Srigading untuk mengurangi penggunaan gadget dengan meningkatkan minat baca. Pembinaan minat baca pada masyarakat khususnya anak-anak desa Srigading merupakan tanggung jawab seluruh pihak. 

Pengembangan budaya membaca di masyarakat tidak hanya ditentukan oleh keingingan atau minat dan sikap masyarakat terhadap bahan bacaan, tetapi juga ditentukan oleh ketersediaan bahan bacaan, kemudahan akses, serta suasana tempat belajar yang mendukung.

Dokpri
Dokpri

Sehubungan dengan itu kami mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang, pada awal bulan Juni mulai mengerjakan perbaikan pada perpustakaan desa Srigading dan melakukan penataan ulang katalog buku bacaan agar memudahkan anak-anak dalam memilih buku bacaannya. 

Perbaikan perpustakaan dilakukan dengan merapihkan dinding dan membuat mural 3D pada dinding perpustakaan. Kemudian memperbaiki lampu penerangan ruang baca di perpustakaan desa agar anak-anak nyaman membaca buku di perpustakaan desa. Serta menata ulang katalog buku bacaan sesuai dengan genre buku tersebut.

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri

Penulis : Yulia Sabta Robianti

Editor   : Agus Maulana

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan