Mohon tunggu...
Sri Endah Nurhayati
Sri Endah Nurhayati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman

Seseorang yang tertarik dengan dunia menulis dan membaca.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI 2022: Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan pada Anak di SD Negeri Sindangsari

9 Agustus 2022   11:22 Diperbarui: 9 Agustus 2022   11:37 180 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Universitas Pendidikan Indonesia kembali melepas mahasiswa ke masyarakat melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata. KKN Tematik UPI yang dilaksanakan pada tahun 2022 ini berlangsung selama satu bulan, terhitung dari 11 Juli sampai 10 Agustus 2022. KKN kali ini bertemakan SDG's atau Sustainable Development Goals. Tema yang diusung sangatlah beragam dan terdapat hingga puluhan subtema.

Kelompok 87 melakukan KKN Tematik UPI dengan tema kecil Desa Ramah Perempuan. Sub tema yang dipilih adalah Pencegahan Kekerasan pada Perempuan dan Anak, Prevalensi Kasus Kekerasan terhadap Anak dan Kasus Kekerasan pada Perempuan yang mendapatkan Layanan Komprehesif.

Salah satu lokasi KKN terpilih adalah SD Negeri Sindangsari. Sekolah yang berlokasi tepat di sebelah kelurahan Cigugur Tengah ini merupakan lokasi KKN yang tepat. Anak usia Sekolah Dasar (6-13 tahun) kerap sekali mengalami kekerasan, entah berupa fisik, psikis, ataupun kekerasan seksual. Tersangka yang melakukan kekerasanpun biasanya orang yang dekat dengan anak, sehingga sangatlah penting anak tau apa dan bagaimana cara menghindari kejahatan pada mereka.

Kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanganan kekerasan pada anak dimulai sejak 18 Juli 2022. Sejak awal kedatangan Mahasiswa KKN mendapatkan respon positif dari pihak sekolah. Mahasiswa KKN  melakukan pendekatan dan pengenalan dengan lingkungan terlebih dahulu, mengidentifikasi materi yang dibutuhkan oleh siswa/i di SD Negeri Sindangsari. Setelah semua persiapan rampung Sosialisasi pun dipersiapkan. Target Sosialisasi terdiri dari kelas 4, 5 dan 6. Isi sosialisasi adalah mengenai pencegahan, prevalensi dan alur pengaduan kekerasan pada anak. Materi yang disampaikan pada sosialisasi dibuat lebih ringan agar mudah dimengerti  oleh siswa/i.

Sosialisasi dilaksanakan dari satu kelas ke kelas lainnya, hal ini bertujuan mempermudah siswa/i dalam mendalami dan memahami materi yang disampaikan. Siswa/siswi terlihat sangat antusias mengikuti sosialisasi. Sosialisasi berlangsung dengan baik dan menyenangkan. Kepala Sekolah, guru-guru serta seluruh staf memberikan dukungan dan bantuan penuh dalam penyelenggaraan kegiatan ini.

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan