Mohon tunggu...
Sri Endah Mufidah
Sri Endah Mufidah Mohon Tunggu... Guru - Guru PAI di Pemkab Blitar

Guru PAI di UPT SD Negeri Slumbung 01

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Berkebun Menjadi Hobi Alternatif di Masa Pandemi

12 Juli 2021   18:40 Diperbarui: 12 Juli 2021   18:50 89 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berkebun Menjadi Hobi Alternatif di Masa Pandemi
Photo taken by Sri Endah Mufidah

 

 HOBBY BARU SAAT PANDEMI

Pandemi yang melanda bangsa kita belum usai. Sudah setahun lebih kita dihimbau untuk work from home. Pekerjaan kantor harus diselesaikan di rumah. 

Jadi, tidak menutup kemungkinan, banyak waktu luang yang kita dapat selama periode ini.  Dan akhirnya, berkebun menjadi satu alternatif pilihan. 

Berkebun menjadi hobby yang murah meriah menurut saya. Tidak membutuhkan biaya yang banyak, tempat yang luas bahkan waktu yang benar-benar longgar. 

Cukup dilakukan saat waktu luang saja dan di letakkan di teras rumah saja. Apalagi, saya tinggal di pelosok desa. Banyak sekali tanaman yang bisa saya budidayakan.

Di awal pandemi, disaat maraknya para pecinta bunga mengembangkan hobbnya,  saya belum berpikir untuk memulai hobby ini. Namun disaat semua sudah mulai bosan, saya baru memulainya. Semua orang mentertawakan saya, tapi, saya cuek saja. Karena memang saya ingin memulainya masih pada saat ini.

Berawal dari satu bunga pemberian salah satu teman saya, akhirnya saya ketagihan untuk menanam bunga yang lainnya. Bunga yang saya tanam, bukan bunga yang mahal atau mengharuskan saya merogoh kocek yang banyak.  

Saya hanya menanam bunga-bunga   yang ada disekitar rumah, lalu saya pindahkan ke dalam pot bunga. Banyak juga bunga yang berasal dari beberapa teman. Kalau untuk membelinya, saya masih merasa sayang, karena saya belum pandai membudidayakannya.

Menanam bunga ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. Jenis tanahpun akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup bunga tersebut. Terlalu sering menyiram bungapun akan membuat akar tanaman menjadi busuk, dan yang terjadi kemudian, bunganyapun mati.

Beberapa jenis bunga ada yang suka air, ada yang tidak suka air. Ada juga jenis bunga yang suka panas matahari, ada yang tidak suka. Jadi, kita harus ekstra cerdas dan jeli bagaimana merawatnya. Pemberian pupuk serta media yang tepat harus benar-benar diperhatikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x