Mohon tunggu...
Sopian Purba
Sopian Purba Mohon Tunggu... Guru - Selama punya semangat hidup semua akan berakhir indah

Semangat

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Proaktif Berbuat Baik

21 Januari 2024   23:23 Diperbarui: 21 Januari 2024   23:25 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Suatu ketika di sebuah hutan terjadi kebakaran, semua hewan berusaha dengan kemampuan masing-masing untuk memadamkan api.

Di situasi genting dan darurat, hal mengejutkan terjadi saat seekor semut, membawa setetes air dengan maksud untuk ikut memadamkan api.

Semua hewan di hutan malah mengejek dan menertawakannya, "apa yang bisa kau lakukan semut dengan setetes air mu itu? Dasar semut yang malang "

"mungkin yang saya lakukan ini tidak punya dampak apa-apa, apa artinya setetes air di tengah kobaran api di hutan,tapi  SETIDAKNYA KALIAN TAHU, SAYA ADA DIPIHAK MANA"

Bagi saya, semut menunjukkan sikap yang pro-aktif. Dia bergerak, bertindak, berusaha, sedaya mampunya.

Kita memang harus punya sikap yang proaktif, punya inisatif dan visi yang jelas.

Apa artinya, saya menghemat satu kantongan plastik, saya gunakan kembali, plastik  yang saya anggap masih layak digunakan bahkan saya gunakan berkali-kali, di tengah tumpukan sampah plastik yang menggunung....

Apa artinya, saya diam disebuah kelas, saat semua orang sudah ribut....

Apa artinya saya menasehati anak didik saat kaos kakinya di gulung, disaat semua orang melakukannya dan menganggap itu tidak salah....

Apa artinya istri saya tidak membawa/ membungkus nasi dan daging di pesta, saat semua ibu-ibu orang batak menganggap normal dan wajar saat membungkus nasi dan daging untuk dibawa ke rumahnya (diluar dari apa yang sudah dimakan).

Dan  masih banyak hal lain yang seolah-olah itu tidak punya dampak, karena terlalu kecil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun