Mohon tunggu...
Ari Sony
Ari Sony Mohon Tunggu... Administrasi - Dapat menyelesaikan sebuah tulisan memberikan kepuasan tersendiri

Senang membaca semua berita dan informasi khususnya tema olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

PTM Dimulai Bisa Mendorong Bangkitnya Roda Ekonomi Rakyat

4 September 2021   04:02 Diperbarui: 6 September 2021   07:57 246 29 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
PTM Dimulai Bisa Mendorong Bangkitnya Roda Ekonomi Rakyat
Ilustrasi sekolah tatap muka. (KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG/via kompas.com)

Sejumlah daerah yang masuk ke dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-3 mulai memberlakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Kebijakan ini tentunya disambut gembira oleh orangtua dan siswa yang sudah lama sekali jenuh harus belajar melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau daring.

Efektif mulai tanggal 30 Agustus 2021 sebagian sekolah yang masuk di wilayah level 1-3, mulai melaksanakan PTM secara terbatas.

Kegembiraan juga dirasakan oleh para pedagang atau pengusaha yang berkaitan langsung dengan sektor pendidikan. Para pegiat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yang terdampak dengan adanya wabah pandemi Covid-19.

PJJ yang telah lama dilakukan di dunia pendidikan membuat sektor ekonomi yang berkaitan langsung dengan sektor pendidikan merasakan dampak secara ekonomi.

Kabar gembira, tentang dimulainya PTM secara terbatas akan membangkitkan roda ekonomi rakyat melalui sektor UMKM yang berkaitan langsung dengan sektor Pendidikan.

Mulai dari pedagang jajanan di sekolah, kantin sekolah, sektor transpotasi, sektor kesehatan, sektor perdagangan, sektor industri pembuatan seragam sekolah, sektor jasa potong rambut, jasa penitipan sepeda motor, sektor pendidikan swasta, sektor jasa penyewaan kost-kostan, dan sektor percetakan jasa fotokopi.

Sejak pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia sekitar pertengahan Maret 2020, membuat semua sekolah harus melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau dilakukan secara daring. Hal ini membuat sektor-sektor di atas mengalami penurunan pendapatan yang sangat tajam.

Adanya kebijakan PJJ dari pemerintah, memberikan dampak keuntungan finansial untuk beberapa sektor usaha saja, contohnya bagi penjualan paket kartu perdana, provider pemakaian wifi dirumah dan adanya pembelian HP baru untuk kegiatan belajar anak di sekolah.

Angka lonjakan Covid-19 yang terjadi di Indonesia, membuat pemerintah pusat tidak berani membuat aturan atau kebijakan untuk melaksanakan PTM. Memasuki periode bulan Juni 2021, lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia kembali mengalami peningkatan. Setelah tanggal 20 Juni 2021 tren harian yang mengalami kasus positif Covid-19 mencapai diatas 10 ribu kasus positif.

Data per tanggal 30 Juni 2021, total kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 2.178.272 kasus, dinyatakan sembuh ada 1.880.413 orang, kasus yang meninggal 58.491 orang. Sedangkan kasus harian yang terpapar positif Covid-19 ada 21.807 orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan