Suko Waspodo
Suko Waspodo Lecturer

belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Berbagai Jenis Kewirausahaan Kaum Muda

16 Maret 2019   10:37 Diperbarui: 16 Maret 2019   11:19 56 2 0
Berbagai Jenis Kewirausahaan Kaum Muda
ilustr: study.com

Tahun 2001 masuk ke dalam sejarah sebagai tahun kontribusi paling signifikan yang dibuat untuk kewirausahaan kaum muda melalui penciptaan Youth Employment Network (jejaring lapangan kerja bagi kaum muda), sebuah prakarsa dan kemitraan antara PBB, ILO dan Bank Dunia. 

YEN adalah hasil dari KTT milenium yang memutuskan untuk menciptakan dan menyediakan peluang kerja yang layak bagi kaum muda di seluruh dunia. 

YEN menyediakan platform global untuk bertukar gagasan, rencana, dan kerangka kerja untuk meningkatkan peluang kerja bagi kaum muda melalui jaringan agensi pembangunan, pemerintah, komunitas bisnis dan ekonomi serta kelompok-kelompok pemuda dan LSM.

YEN telah mengidentifikasi employability, kesempatan yang setara untuk pria dan wanita muda, kewirausahaan dan penciptaan lapangan kerja sebagai empat pos tujuan untuk memajukan ketenagakerjaan kaum muda.

Memahami subjek kewirausahaan kaum muda dimulai dengan mencoba mengidentifikasi dan mendefinisikan berbagai jenis kewirausahaan kaum muda. Sementara beberapa akademisi telah mengkategorikan kewirausahaan kaum muda ke dalam ekonomi, sosial, kewirausahaan publik dan intrapreneurship daftar kategori lengkap. 

Dengan studi terbaru dan berdasarkan pada perbedaan dalam perilaku dan sikap, peran, fungsi, industri dan banyak karakterisasi yang lebih relevan, kategorisasi baru kewirausahaan kaum muda telah diajukan oleh para peneliti. Kami akan menyebutkan beberapa kategori penting seperti yang didefinisikan oleh sarjana generasi baru Clarence Danhof.

1. Kewirausahaan Inovatif

Apa yang disebut maverick yang mampu berpikir di luar kotak, metode baru yang inovatif, proses dan menciptakan peluang bisnis baru dari ide-ide inovatif mereka dikenal sebagai wirausahawan inovatif. Saat ini kita dapat menyebutkan puluhan wirausahawan inovatif di dunia. 

Jika Bill Gates dan Steve Jobs membuat sejarah di masa lalu, mereka dengan cepat digantikan oleh pengusaha muda seperti Jack Dorsey - pendiri Twitter, Sergey Brin, Larry Page dari Google, Mark Elliot Zuckerberg yang mendirikan Facebook.

2. Kewirausahaan Imitatif

Sebagian besar wirausahawan di negara-negara berkembang dan di negara-negara maju yang membawa pulang teknologi yang sudah dicoba dan diuji dari dunia maju dan membangunnya di negara asal termasuk dalam kategori ini.

3. Kewirausahaan Fabian

Wirausahawan muda yang mengambil bisnis dari generasi sebelumnya dan mengelola untuk mengembangkan bisnis tanpa mengambil risiko besar menyimpang ke bidang-bidang baru tetapi meningkatkan efisiensi, proses dan skala operasi dan lain-lain disebut wirausahawan fabian.

4. Wirausahawan Drone

Wirausahawan drone adalah wirausahawan generasi pertama yang mengelola bisnis yang diwariskan kepada mereka dan terus melihat menjalankan perusahaan dengan lancar tanpa mengambil risiko apa pun. Sikap seperti ini dapat dikatakan sebagai kereta individu wirausahawan yang menuntunnya untuk mengelola bisnis yang diwariskan dalam mode stabil.

Klasifikasi Lebih Lanjut Kewirausahaan Kaum Muda

Kewirausahaan adalah hasil dari banyak faktor termasuk nilai-nilai, kepercayaan, sikap, semangat bawaan, kepemimpinan bawaan, dan pengaruh lingkungan, keluarga, keterampilan dan banyak lagi. Oleh karena itu kategorisasi wirausahawan muda juga dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis berdasarkan berbagai faktor. 

Beberapa klasifikasi telah dibuat berdasarkan jenis bisnis, berdasarkan teknologi, berdasarkan geografi (pedesaan dan perkotaan), sesuai jenis kelamin, skala operasi dan lain-lain. Kewirausahaan bisnis yang merupakan salah satu kategori signifikan dan dominan dapat selanjutnya sub dibagi menjadi bisnis, perdagangan, industri, perusahaan, pertanian, ritel, layanan dan wirausahawan sosial.

***
Solo, Sabtu, 16 Maret 2019. 10:06
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko