Mohon tunggu...
Suko Waspodo
Suko Waspodo Mohon Tunggu... lecturer
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Pengangguran Kaum Muda dan Penyebabnya

14 Maret 2019   21:06 Diperbarui: 14 Maret 2019   21:19 356 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengangguran Kaum Muda dan Penyebabnya
ilustr: Alpha North Group

Pengangguran kaum muda diakui sebagai salah satu masalah yang dapat tumbuh dalam proporsi global di tahun-tahun mendatang yang menyebabkan masalah sosial dan ekonomi bagi masyarakat. Kewirausahaan kaum muda dipandang sebagai alternatif selain metode lain untuk menciptakan peluang kerja. Namun, ada kebutuhan untuk pengakuan global dan promosi kewirausahaan kaum muda atas dasar jangka panjang yang berkelanjutan untuk bidang ini tentu memiliki masa depan yang menjanjikan.

Revolusi dalam teknologi dan pertumbuhan yang dihasilkan di semua bidang dan globalisasi telah berdampak pada dunia. Negara-negara berkembang seperti India dan Cina tumbuh dengan cepat baik dalam hal perkembangan ekonomi maupun populasi. Ekonomi yang berkembang memberikan banyak peluang untuk layanan dan memberikan peluang bagi wirausahawan untuk mendirikan usaha kecil di berbagai bidang. Ada peluang besar bagi perusahaan perorangan dalam layanan TI, layanan finansial, perjalanan dan pariwisata, makanan, rantai pasokan, layanan perawatan kesehatan, dan banyak lagi bidang lainnya. Sementara beberapa negara ekonomi tidak tumbuh dan pengangguran tumbuh, di negara-negara berkembang yang mendaftarkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi, tidak ada dorongan untuk pertumbuhan kewirausahaan kaum muda.

Alasan dan Penyebab Pengangguran serta Kewirausahaan Kaum Muda

1. Faktor Sosial-Budaya sebagai Penghambat Kewirausahaan

Di beberapa negara, pandangan sosial dan budaya masyarakat mungkin tidak mendorong inisiatif dan kewirausahaan. Banyak masyarakat berharap kaum muda memperoleh pendidikan yang memungkinkan mereka mendapatkan pekerjaan dan mendapatkan gaji untuk menghidupi keluarga. Paksaan ekonomi juga dapat mendorong keluarga untuk mendorong kaum muda mencari pekerjaan dan tidak melihat peluang. Dalam beberapa kasus tertentu kasta atau kelas orang terbiasa melakukan pekerjaan tertentu dan dengan demikian kewirausahaan menjadi hak prerogatif bagian-bagian tertentu dari masyarakat. Beberapa masyarakat lain enggan mengambil risiko dan cenderung bermain aman, sementara banyak masyarakat percaya pada anak-anak mereka yang mengejar peluang layanan pertahanan atau peluang layanan sosial dan sebagainya.

Dalam masyarakat di mana insiden pemberontakan, pemberontakan, dan kekerasan kaum muda sangat tinggi karena situasi ekonomi dan juga karena pandangan budaya, kaum muda mungkin menyia-nyiakan waktu mereka untuk tidak mengejar pendidikan yang membantu mereka mendapatkan pekerjaan atau mencoba tangan-tangan untuk berwirausaha di wajah terlalu banyak rintangan dan rintangan di masyarakat.

2. Faktor Ekonomi dan Politik

Ekonomi yang tidak tumbuh sedang bergulat dengan masalah pengangguran yang besar dan ini juga mempengaruhi kaum muda. Ketika ekonomi sedang turun dan bisnis tidak berjalan dengan baik, tidak akan ada peluang bagi pengusaha kecil untuk menyediakan layanan untuk mendukung ekonomi dan bisnis.

Kemauan politik dan fokus untuk fokus pada pemuda di negara ini dan untuk menciptakan lingkungan positif yang mendorong pemuda untuk bermimpi dan bekerja untuk mewujudkan impian mereka sangat diperlukan di masyarakat mana pun. Adalah kemauan politik yang dapat menjadi ujung tombak revolusi Pemuda. Tidak adanya stabilitas dalam situasi politik negara dan pandangan partai politik terhadap bidang ini dapat membuat atau menghancurkan pertumbuhan kewirausahaan kaum muda.

3. Kerangka Kebijakan

Kebijakan dan kerangka kerja pemerintah di negara ini membantu mengidentifikasi dan membangun dasar untuk kewirausahaan kaum muda. Kebijakan perlu mendorong dan memberikan peluang serta bantuan dan lingkungan untuk memberikan dorongan bagi kewirausahaan kaum muda dan harus diterapkan di tingkat nasional, regional dan lokal. Arahan kebijakan perlu melibatkan bisnis, perbankan, pendidikan, dan sektor lainnya untuk dapat memberikan langkah-langkah definitif untuk mendorong dan membantu kewirausahaan kaum muda. Kurangnya kerangka kerja kebijakan semacam itu dapat menghambat pertumbuhan dan inisiatif di kalangan kaum muda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x