Mohon tunggu...
Suko Waspodo
Suko Waspodo Mohon Tunggu... lecturer
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Politik

Definisi, Ruang Lingkup dan Pentingnya Ilmu Politik

30 Januari 2019   15:01 Diperbarui: 30 Januari 2019   15:13 12797 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Definisi, Ruang Lingkup dan Pentingnya Ilmu Politik
ilustr: cwu.edu

Gambaran Umum dan Definisi Ilmu Politik

Ilmu politik adalah cabang ilmu sosial yang mempelajari negara, politik, dan pemerintahan. Ilmu Politik berurusan secara luas dengan analisis sistem politik, aplikasi teoritis dan praktis untuk politik, dan pemeriksaan perilaku politik. Pemikir Yunani, Aristoteles, mendefinisikan ilmu politik sebagai studi tentang negara. Banyak ilmuwan politik memandang diri mereka terlibat dalam menyempurnakan hubungan antara peristiwa dan kondisi politik, dan dengan pemahaman ini mereka berharap dapat membangun sistem prinsip-prinsip umum yang menempatkan cara kerja dunia politik.

Ilmu politik bukan bidang mandiri dan itu memotong banyak cabang lain seperti sosiologi, ekonomi, sejarah, antropologi, kebijakan publik antara lain. Ilmuwan politik banyak dicari belakangan ini karena perubahan lanskap politik di seluruh dunia dan karena masyarakat ingin memahami bagaimana dunia politik bekerja, mereka membutuhkan seseorang untuk menjelaskan nuansa ekonomi politik. Setiap koran dan saluran televisi mengungkapkan bahwa para ilmuwan politik berada di garis depan perdebatan dan diskusi untuk pengetahuan dan keahlian mereka.

Lingkup Ilmu Politik

Ruang lingkup ilmu politik sangat luas dan para ahli telah membagi bidang ilmu politik menjadi lima sub-disiplin ilmu yaitu teori politik, administrasi publik, politik komparatif, hubungan internasional, dan hukum publik. Perlu dicatat bahwa sub-disiplin ini mencakup keseluruhan ekonomi politik modern dan memberikan dasar untuk studi dan pemahaman tentang bagaimana ekonomi politik global bekerja.

Studi tentang hal-hal mengenai alokasi dan distribusi serta transfer kekuasaan adalah salah satu keasyikan utama para ilmuwan politik. Keberhasilan atau sebaliknya dari struktur tata kelola diukur oleh para ilmuwan politik yang memeriksa faktor beragam dan berlapis-lapis di tempat kerja yang berkontribusi terhadap tata kelola yang baik atau buruk.

Ruang lingkup para ilmuwan politik sekarang telah diperluas untuk mencakup bidang studi pemilihan demokratis di seluruh dunia. Dengan kata lain, dengan ledakan dalam sistem politik di seluruh dunia, para ilmuwan politik, dan ruang lingkup studi mereka telah sangat ditingkatkan.

Pentingnya Ilmu Politik

Pentingnya ilmu politik terletak pada kenyataan bahwa kita semua hidup dalam sistem politik dan kita dipengaruhi oleh perubahan ekonomi politik global. Dengan munculnya globalisasi, telah terjadi peningkatan minat masyarakat dunia dalam memahami sistem politik negara-negara lain. 

Oleh karena itu, para ilmuwan politik menjadi dihargai dan penting karena mereka menyediakan lensa yang melaluinya kita dapat memahami ekonomi politik global. Ada banyak universitas yang memberikan gelar sarjana dan tingkat yang lebih tinggi dalam ilmu politik dan dalam beberapa tahun terakhir, karena minat baru dalam ilmu politik sebagai bidang studi, ada banyak peserta untuk kursus ini.

Tulisan ini merupakan awal untuk paparan selanjutnya tentang berbagai aspek ilmu politik dan relevansinya dengan ekonomi politik modern.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x