Mohon tunggu...
Soleh Hidayat
Soleh Hidayat Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Soleh hidayat Tlp : 082216513501

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Era Baru, Dulu Ujian Dilarang Bawa Handphone Namun Sekarang Malah Wajib

20 Mei 2022   09:44 Diperbarui: 20 Mei 2022   09:59 41 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Perkembangan jaman dari beberapa generasi memang terbilang sangat cepat. Apalagi hari ini percepatan pengembangan ilmu pengetahuan sangat pesat.

Generasi hari ini banyak yang bilang menjadi generasi digital, karena segala sesuatu tergantung pada dunia digitalisasi. Salah satunya berkenaan dengan proses belajar mengajar.

Ujian sekolah tentu selalu ada pembaharuan di setiap tahun. Seperti yang saya alami pada tahun 2006 dimana pemerintah menetapkan bahwa Ujian Akhir Sekolah ini bernama Ujian Nasional (UN). Sistem pelaksanaanya tentu saat itu masih menggunakan media kertas dan pensil 2B.

Sekalipun pada akhirnya metode pelaksanaan ini menuai berbagai kritik, namun ini bukan menjadi bahasan utama. Karena yang saya amati saat ini ialah tentang metode pelaksanaan ujian meskipun hari ini sudah tidak ada lagi ujian nasional.

Terdapat perbedaan yang signifikan dimana dulu saat melaksanakan ujian dilarang membawa HP atau alat elektronik lain karena itu akan berpotensi peserta didik melakukan pelanggaran seperti mencontek.

Hari ini justru sebaliknya, sudah banyak sekolah yang memanfaatkan Handphone untuk melaksanakan Ujian Sekolah.  Namun karena dunia digital semakin maju, maka ada trik khusus sehingga peserta didik tetap tidak bisa mencontek meskipun  ulangan menggunakan internet.

Hal ini dilakukan di beberapa sekolah salah satunya SMK NU Pelita Nusantara. Ujian Sekolah yang menjadi ujian akhir kelas XII ini menjadi salah satu bukti bahwa kemajuan jaman harus bisa di manfaatkan bukan malah di tentang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan