Mohon tunggu...
Sofina Zen
Sofina Zen Mohon Tunggu... Guru - Guru SDI AL Achfas Dwi matra

Mengajar pekerjaan sekaligus hobi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Belajar Matematika dengan Asyik

5 Agustus 2020   19:16 Diperbarui: 5 Agustus 2020   19:11 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Untuk pelajaran yang satu ini, memang banyak kesan negatif pada benak siswa diantaranya, sulit, gurunya yang kurang asyik,banyak pr, dan menakutkan. Nah pada kesempatan ini, saya akan berbagi ilmu (hasil resume) dari hasil webinar yang dilaksanakan pada hari selasa, 4 Agustus 2020, bersama Bapak Gunanto, M. Pd (penulis buku matematika dan motivator), Bapak Wahidin, M. Pd (dosen matematika FKIP Uhamka), dan Bapak Amin Fathurrohman, M. Si (Dikmen Jakarta Barat dan Founder Berguru).

Bahwa pembelajaran matematika bisa dibuat asyik dan menyenangkan terlebih saat pembelajaran jarak jauh seperti sekarang ini. Kita dapat melakukan 5 langkah yang hakiki untuk pembelajaran matematika  yaitu : 

  • Benda, pembelajaran dengan menggunakan benda yang ada di sekitar. Contoh untuk kelas rendah dapat menggunakan benda yang terdapat dalam rumah. Misalnya menghitung jumlah sendok yang ada di meja, sambil memegang sendok tersebut
  • Menggambar, selanjutnya siswa diminta menggambar sendok
  • Menuliskan, contoh 5 sendok + 3 sendok = 8 sendok
  • Lisan, sambal mengucapkan yang telah ditulis.
  • Masalah, yaitu diberikan penambahan soal pengurangan, contoh 6 sendok-2 sendok = 4 sendok.

Nah dengan pembelajaran yang melibatkan benda secara langsung, maka pelajaran matematika tidak menjadi abstrak, dengan sentuhan maka konsentrasi akan muncul, dengan memunculkan benda maka kesenangan akan hadir,dengan kesenangan inilah otak akan berkembang dan tumbuh. 

Untuk alat peraga sebaiknya ada beberapa hal yang diperhatikan, misalnya alat peraga tersebut familiar bagi siswa, mudah didapat dan digunakan, bersifat tiga dimensi, aman, serta ekonomis. Ada rumus 3M untuk pembelajaran matematika yang menyenangkan yaitu membuka dengan menantang, memberi pengalaman langsung, dan menutup dengan kesan. 

Demikian resume pembelajaran dari pembicara pertama dari Bapak Gunanto, M. Pd (penulis buku matematika dan motivator) semoga bermanfaat ya teman-teman. Bapak Gunanto juga memberikan contoh soal lainnya yang sangat menarik, jika teman-teman ingin file lengkapnya silahkan hubungi saya, nanti akan saya kirim via email. InsyaAllah tulisan ini bersambung ke pembicara kedua ya teman-teman.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun