Mohon tunggu...
sofie nazilaturrizqi
sofie nazilaturrizqi Mohon Tunggu... Administrasi - mahasiswi

yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran Selama Pandami

29 Januari 2022   17:43 Diperbarui: 29 Januari 2022   17:47 22 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 

Pendidikan merupakan jembatan untuk melahirkan dan membentuk generasi-generasi yang berkualitas. Pendidikan menjadi suatu aspek penting baik bagi semua orang maupun suatu bangsa. Semua orang memerlukan Pendidikan untuk dapat mencerdaskan juga mengembangkan potensi dalam diri individu, sedangkan bagi suatu bangsa Pendidikan menjadi aspek penting karena Pendidikan menjadi sumber lahirnya generasi yang dapat meningkatkan sumber daya manusia dan juga kemajuan bagi suatu bangsa.  

Dalam sector Pendidikan,  pandemic covid-19  menjadi sebuah tantangan karena dalam kondisi ini pola Pendidikan mengalami banyak perubahan kebijakan mulai dari berubahnya cara belajar siswa, berubahnya cara mengajar guru, hingga berubahnya gaya belajar. Selain itu, kondisi pandemic covid-19 melahirkan kebijakan "physical distancing" yang merupakan pembatasan jarak manusia secara fisik dan larangan untuk berkerumunan. Kebijakan tersebut diterapkan hampir oleh seluruh negara guna Bersama-sama menyembuhkan dunia dari kondisi pandemic covid-19. Dalam menerapkan kebijakan tersebut di Indonesia sendiri memberlakukan PSBB (pembatasan social berskala besar) dimana hal tersebut mengharuskan hampir seluruh aktivitas mulai dari kegiatan berdagang, megajar hingga belajar mengajar harus di lakukan di dalam rumah. 

 

Pembelajaran di rumah dengan pembelajaran di sekolah tentu memiliki pola juga perbedaaan yang sangat signifikan. Pembelajaran di sekolah dilakukan secara tatap muka antar siswa dan juga guru, saat pembelajaran di sekolah siswa dapat berinteraksi dengan social dan memiliki peluang yang besar untuk dapat mengeksplor dan mengembangkan diri. Berbeda dengan pembelajaran dirumah, kegiatan belajar mengajar di rumah menuntut siswa untuk dapat belajar secara daring atau online, seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan media social.  Sebagai contoh para mahasiwi universitas aisyi'ah Yogyakarta memanfaatkan social media zoom dan google meet untuk melakukan kerja kelompok.

Media social di masa pandemic covid 19 berperan secara optimal. Segala aktivitas pembelajaran mulai dari absensi hingga presentasi dilakukan menggunakan aplikasi. Beberapa media social lain yang sering digunakan untuk aktivitas pembelajaran diantaranya adalah Instagram,tiktok,dan juga youtube. Biasanya para guru atau pendidik memberikan tugas kepada siswa-siswi nya untuk memposting hasil tugas yang diberikan kedalam media-media social tersebut. selain itu, media sosial zoom dan google meet adalah media yang sering bahkan hampir setiap hari digunakan untuk proses pembelajaran maupun pertemuan-pertemuan. 

 

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media social pada masa pandemic covid-19 berjalan optimal. Media social dianggap sebagai alternatif untuk menjawab tantangan-tantangan yang ada karena kondisi pandemic ini. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan