Pada masa sekarang, kegiatan sains bagi anak PAUD merupakan kegiatan yang diperlukan bagi anak-anak. Pembelajaran sains melatih  anak menggunakan lima indranya. Anak dilatih untuk melihat, meraba, membau, merasakan dan mendengar.Semakin banyak indra yang terlibat dalam kegiatan belajar, maka semakin kompleks pemahaman anak terhadap kegiatan yang dilaksanakan artinya anak akan memperoleh pengetahuannya sendiri karena melihat atau terlibat langsung pada kegiatan sains.Â
Menurut Leeper (1994) mengemukakan tujuan pembelajaran sains bagi anak usia dini adalah sebagai berikut :
a. Â Agar anak-anak memiliki kemampuan memecahkan masalah yang dihadapinya melalui penggunaan metode sains, sehingga anak-anak terbantu dan menjadi terampil dalam menyelesaikan berbagai hal yang dihadapinya.
b. Â Agar anak memiliki sikap ilmiah.
c. Â Agar anak-anak mendapatkan pengetahuan dan informasi ilmiah yang lebih baik dan dapat dipercaya, artinya informasi yang diperoleh anak berdasarkan pada standar keilmuan yang semestinya, karena informasi yang disajikan merupakan hasil temuan dan rumusan yang obyektif serta sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan yang menaunginya.
d. Â Agar anak lebih berminat dan tertarik untuk menghayati sains yang berada dan ditemukan di lingkungan dan alam sekitarnya
Kegiatan bermain sains tidak harus rumit, seperti eksperimen balon ajaib tanpa ditiup bahannya mudah didapatkan dan menarik bagi anak.
Bahan yang diperlukan:
1. balon
2. botol