Mohon tunggu...
Sofea ErraMalindo
Sofea ErraMalindo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi menari, suka travelling, beli jajan, dan konten favorit saya adalah fashion, game, dan travel

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengembangan Bakat dan Minat Anak pada Seni Tari di Panti Asuhan

19 Desember 2022   00:27 Diperbarui: 19 Desember 2022   00:31 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saya Mahasiswa Universitas Negeri Malang melakukan projek kewarganegaraan di Panti Asuhan Mizan Amanah yang terletak di Jalan Bendungan Sutami Kota Malang. Saya Sofea Erra Malindo dari Offering G7 Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Negeri Malang. 

Disana saya mengajar tari tradisional daerah sebagai projek saya. Panti tersebut memiliki 13 anak laki-laki dan perempuan. Dan saya mengajar 5 anak perempuan dengan umur 6-11 tahun. Alasan saya mengajar tari adalah karena di panti tersebut terdapat anak perempuan yang mempunyai bakat dan minat di seni tari. Mereka sudah pernah menari di sekolah tapi mereka belajar hanya melalui Youtube. Oleh karena itu, saya tertarik untuk mengajari mereka menari tari tradisional daerah. Karena tari tradisional daerah bisa lebih membuat paham dan cepat mengerti tentang ragam geraknya. Selain itu, anak tersebut bisa lebih mengenal lagi tentang lagu daerah dan bisa melestarikannya.

Tahapan mengajar menari yang saya lakukan adalah mulai dari demonstrasi gerakan kemudian anak tersebut mempraktikkan dan menghafalkannya. Setelah itu, anak tersebut mempresentasikan hasil hafalan geraknya dan saya evaluasi jika ada yang kurang.

Anak-anak tersebut sangat antusias saat saya mengajarkan nari kepada mereka. Merek tidak ada rasa capek dan sangat bersemangat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun