Mohon tunggu...
Surya Rianto
Surya Rianto Mohon Tunggu... Jurnalis - Blogger, Jurnalis Ekonomi, Pecinta Badminton, dan Anime

Blogger, Jurnalis Ekonomi, Pecinta Badminton, Penggemar Anime dan Dorama Jepang.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Barter Skema Perdagangan Kuno yang Jadi Primadona Saat Krisis Ekonomi

8 Desember 2021   22:09 Diperbarui: 8 Desember 2021   22:17 80 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Illustrasi barter sapi dengan nasi./ Suryarianto.id

Barter adalah salah satu transaksi perdagangan tertua di dunia. Meskipun begitu, transaksi barter masih digunakan saat ini lho.

Perkembangan keuangan dan sistem transaksi di dunia boleh berkembang pesat. Dari transaksi transfer bank sampai dengan teknologi blockchain lewat cryptocurrency. Namun, sistem barter tetap relevan digunakan.

Faktanya, skema barter digunakan di dunia profesional dan bisnis. Barter itu mencakup jika ada perusahaan atau perorangan yang melakukan cross branding. Artinya, mereka melakukan barter jasa konten dan sebagainya.

Belum lagi barter lainnya seperti menukar jasa atau barang dengan slot iklan.

Di luar dunia bisnis, ada yang lebih miris, skema barter sangat sering digunakan ketika suatu negara mengalami resesi ekonomi.

Skema Barter yang Digunakan Saat Resesi Ekonomi

Mengutip dari blog Suryarianto.id, barter mulai digunakan oleh masyarakat di Amerika Serikat ketika terjadi The Great Depression pada 1929-1940, sebuah krisis terparah yang terjadi di dunia.

Saat itu, masyarakat AS sudah tidak percaya dengan bank. Gara-gara likuiditas bank seret akibat pasar saham ambruk pada 1929. Hasilnya, masyarakat yang panik ingin menarik uangnya di bank, ternyata sudah tidak ada.

Dari situ, kabarnya banyak orang AS yang memutuskan transaksi dengan barter. Di luar krisis terbesar sepanjang sejarah AS, skema barter juga muncul ketika krisis 2008 di AS.

Negeri Paman Sam yang mengalami krisis membuat masyarakatnya memilih transaksi dengan barter. Misalnya, salah satu cerita barter  menarik dari tulisan Emily Bazar di ABCnews pada 26 Februari 2009.

Tulisan itu bercerita kisah Ron Giesler yang harus di PHK dari pekerjaan memasang kabel di rig minyak, mesin pengeboran. Untuk bertahan hidup, Gieler pun menjadi tukang listrik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan