Mohon tunggu...
Sultoni
Sultoni Mohon Tunggu... Freelancer - Pengamat Politik dan Kebijakan Publik AMATIRAN yang Suka Bola dan Traveling

Menulis untuk mengasah dan melatih nalar berfikir. Menulis sebagai upaya untuk meninggalkan jejak yang positif bagi peradaban. Menulis untuk melawan lupa.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Membaca Pesan Jokowi Soal Pemimpin "Rambut Putih" dan Menerka Sikap Diamnya PDI-P terhadap Manuver Jokowi

1 Desember 2022   17:13 Diperbarui: 1 Desember 2022   17:24 450
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jokowi saat menghadiri acara temu relawan dengan tema "Gerakan Nusantara Baru" di Stadion GBK pada Sabtu (26/11). Foto : Kompas.com

Secara harfiah publik pasti akan menafsirkan makna pidato politik Jokowi yang menyebut bahwa ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat adalah sosok yang mempunyai kerutan diwajahnya  dan "berambut putih" adalah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Hal ini karena memang dari seluruh nama-nama Capres 2024 yang muncul saat ini, hanya Ganjar Pranowo yang mempunyai gaya "rambut putih".

Pidato "rambut putih" Jokowi tersebut disampaikan dalam acara temu relawan Gerakan Nusantara Baru yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Sabtu (26/11/2022).

Namun benarkah jokowi sudah berani se-terbuka itu menyatakan dukungannya kepada Ganjar untuk menjadi Capres 2024?

Padahal, meskipun menjabat sebagai Presiden Jokowi juga adalah kader PDI-P, yang mana kita semua mahfum bahwa urusan capres 2024 di PDI-P adalah hak prerogatif dari Megawati.

Atau adakah makna tersirat lain dibalik ungkapan Jokowi tersebut?

Lalu kenapa PDI-P sendiri seolah hanya diam saja melihat manuver-manuver dari Jokowi soal Capres 2024 yang sering ia lontarkan melalui pidato-pidatonya?

Bukankah kita semua juga sama-sama tau, bahwa beberapa kader senior PDI-P termasuk Ganjar Pranowo, sempat diberikan sanksi peringatan baik lisan maupun tertulis karena dianggap "bikin gaduh" soal isu pencapresan 2024?

Untuk diketahui, gabungan Relawan Jokowi menggelar silaturahmi nasional dengan tema "Nusantara Bersatu" di Gelora Bung Karno, Sabtu 26 November 2022.

Gerakan Nusantara Bersatu yang berlangsung di Stadion GBK pada Sabtu (26/11) itu dihadiri oleh sekitar 150 ribu relawan Jokowi yang terdiri dari kurang lebih 80 simpul relawan Jokowi yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun