Mohon tunggu...
Sultoni
Sultoni Mohon Tunggu... Freelancer - Pengamat Politik dan Kebijakan Publik AMATIRAN yang Suka Bola dan Traveling

Menulis untuk mengasah dan melatih nalar berfikir. Menulis sebagai upaya untuk meninggalkan jejak yang positif bagi peradaban. Menulis untuk melawan lupa.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

Petani Milenial, Harapan Regenerasi Pekerja di Bidang Pertanian

1 November 2022   17:29 Diperbarui: 2 November 2022   03:32 1096
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Petani Milenial diharapkan mampu memanfaatkan penggunaan teknologi informasi dalam meningkatkan hasil pertanian. Sumber: Freepik.com

Jum'at sore (28/10/2022), sebuah pesan singkat mendarat di laman aplikasi pesan singkat WhatsApp pribadi milik saya.

Pesan tersebut berasal dari salah satu kolega yang saat ini bekerja sebagai tenaga punyuluh pertanian di Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura yang ada di Kabupaten di daerah saya.

Setelah saya buka, pesan tersebut berisi sebuah undangan untuk menghadiri acara pertemuan Petani Milenial yang akan dilaksanakan pada hari Senin, 31 Oktober 2022 di Balai Penyuluh Pertanian (BPP)yang lokasinya tidak begitu jauh dengan tempat tinggal saya.

Meskipun belum begitu familiar dengan program pemerintah yang satu ini, tapi, mendengar kata "Petani" digabungkan dengan kata "Milenial", saya menjadi sangat tertarik dan bersemangat. Karena kebetulan, saya adalah generasi milenial yang juga berprofesi sebagai petani.

Mudah-mudahan saja sesuai dengan namanya, program "Petani Milenial" ini bisa menjadi wadah bagi anak-anak muda Indonesia untuk mengembangkan bakat, minat, potensi dan kreativitasnya di bidang ekosistem pertanian.

Pengertian Generasi Milenial

Badan Pusat Statistik (BPS) mengelompokkan populasi penduduk Indonesia saat ini kedalam 6 (enam) kelompok generasi yaitu  Post  Generasi Z (Post  Gen Z), Generasi Z (Gen Z), Milenial, Generasi X (Gen X), Baby Boomer, dan Pre-Boomer. 

Post Gen Z adalah generasi yang lahir pada tahun 2013 dan seterusnya. Adapun Gen Z, merupakan generasi yang lahir pada tahun 1997-2012. Mereka sekarang berusia 8-23 tahun. Sedangkan Milenial yaitu generasi yang lahir pada tahun 1981-1996 (saat ini berusia 24-39 tahun).

Selanjutnya  Gen X  adalah generasi yang lahir pada tahun 1965-1980 (sekarang berusia 40-55 tahun). Kemudian  Baby Boomer, yaitu generasi yang saat ini berusia 56-74 tahun (lahir 1946-1964). Lalu  terakhir adalah Pre-Boomer, merupakan generasi yang lahir sebelum tahun 1945. Berarti  usia mereka saat ini adalah 75 tahun ke atas.

Dari pengelompokan generasi oleh BPS diatas dapat disimpulkan bahwa, generasi milenial adalah sebuah generasi yang hidup di zaman yang sedang berubah dari konvensional menjadi modern. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun