Mohon tunggu...
Sultoni
Sultoni Mohon Tunggu... Freelancer - Suka politik dan traveling

Menulis untuk mengasah dan melatih nalar berfikir. Menulis sebagai upaya untuk meninggalkan jejak yang positif bagi peradaban. Menulis untuk melawan lupa.

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Berharap Proyek Tol Trans Sumatera Selesai Tepat pada Waktunya

2 Oktober 2022   08:00 Diperbarui: 2 Oktober 2022   08:55 267 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto : detik finance.detik.com / dok. Hutama Karya

"Salah satu insfratruktur penting yang berpengaruh besar terhadap perkembangan suatu daerah adalah adanya akses jalan yang baik sehingga memudahkan mobilitas manusia dan barang dari satu tempat ketempat yang lainnya."

Jika anda pernah berkunjung ke pulau Sumatera, salah satu pilihan moda transportasi yang bisa digunakan ketika akan berkunjung dari satu provinsi ke provinsi lainya adalah menggunakan jalur darat. Namun sayang beribu sayang, meskipun ada beberapa pilihan jalan nasional yang bisa digunakan, mayoritas kondisi jalan - jalan di pulau Sumatera sudah tidak representatif lagi dengan perkembangan zaman dan kondisi saat ini.

Jika dibandingkan dengan jalan nasional yang ada di pulau Jawa, mayoritas jalan nasional penghubung antar provinsi yang ada di pulau Sumatra, kondisinya kurang baik dan cenderung sempit karna hanya terdiri dari jalan satu jalur saja.

Berbeda dengan pulau Jawa, moda transportasi darat antar provinsi yang ada di pulau Sumatra mayoritas baru tersedia satu moda saja, yakni menggunakan mobil / bus. Untuk moda Kereta Api,  hingga saat ini baru Provinsi Sumatra Selatan dan Provinsi Lampung yang terhubung dengan jaringan Kereta Api antar provinsi. Itupun, hanya melintasi sebagian kecil wilayah di dua provinsi tersebut. 

Kabar baiknya, saat ini pemerintah sedang membangun dan mengembangkan Jalan Tol Trans Sumatra. Jalan Tol yang direncanakan membentang sepanjang 2.704 KM ini akan menghubungkan Provinsi Lampung hingga Provinsi Aceh melalui 24 ruas jalan berbeda. Proyek pemerintah yang termasuk kedalam proyek strategis nasional ini ditargetkan akan selesai dibangun seluruhnya ditahun 2024 mendatang.

Progres terakhir, salah satu ruas Jalan Tol yang telah selesai dibangun dan sudah difungsikan 100 % adalah Jalan Tol yang menghubungkan Provinsi Lampung hingga Kota Palembang Provinsi Sumatra Selatan. 

Sebelum adanya Jalan Tol tersebut, perjalanan dari Kota Palembang ke Bakauheni Lampung harus ditempuh menggunakan mobil selama 12 jam. Namun setelah adanya Jalan Tol, kini perjalanan dari Kota Palembang menuju Pelabuhan Bakauheni di Provinsi Lampung hanya membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 4 jam saja. Sungguh efisiensi waktu yang luar biasa.

Selain dapat mengefisiensi waktu tempuh, Jalan Tol Trans Sumatra juga diprediksi akan memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan perekonomian dan kemajuan seluruh Provinsi yang ada di pulau Sumatera.

Sebagai pulau terbesar kedua di Nusantara dengan populasi melebihi 55 juta jiwa, Sumatera memainkan peran penting dalam perekonomian negara. Dianugerahi beragam potensi alam dan komoditas berlimpah, mulai dari karet, minyak kelapa sawit, kopi, minyak bumi, batu bara, dan gas alam, pada tahun 2015 Sumatera menyumbang 22,21 % produk domestik bruto (PDB) Indonesia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan