Mohon tunggu...
SLAM Indonesia
SLAM Indonesia Mohon Tunggu... Media Anak Muda

SLAM kepanjangan dari Suara Laras Anak Muda. Membawa suara dan narasi skena-skena anak muda di Indonesia dan cerita sejarah republik. Melalui medium tulisan dan audio (podcast). Dengan harapan melahirkan 'ruang diskusi' untuk anak muda. Kunjungi podcast kami di Spotify (SLAM Indonesia) spotify:show:2umh8SLetO9aUtkGIfKFGL

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Keadaan Indonesia yang tergambar lewat 5 lagu Iksan Skuter

25 Mei 2019   04:06 Diperbarui: 27 Mei 2019   13:14 943 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keadaan Indonesia yang tergambar lewat 5 lagu Iksan Skuter
Berita dari Detik.com

Indonesia negeri tersantai dan terbahagia di dunia sedang tidak enak diliat. Pemilu 2019 seperti tak kunjung usai, dan tak juga mengganti lembar baru. Salah satu paslon dinyatakan menang, salah satu lainnya menyuarakan mereka curang.

Di bulan puasa ini, beberapa kelompok orang jadinya lebih banyak menghabiskan waktunya untuk marah-marah, saling pukul, ancam-mengancam, tuduh, dan benci. Atas dasar kepentingan dan kekuasaan duniawi. Sebagian ada yang berdiri sejak pagi, juga ada yang disiapkan di malam hari. Sebagian lainnya perang di ranah sosial media. Juga menghakimi dan saling tuduh. Antar manusia.

Segelintir kecil lainnya seperti Saya, pasti langsung mencari lagu-lagu dari Iksan Skuter. Beliau merupakan musisi folk asal Malang. Banyak lagu-lagu mas Iksan yang menyuarakan narasi kebesaran nusantara, kritik sosial, kegelisahannya dalam hidup, dan masalah kehidupan, serta rasa syukur dalam hidup.

Meskipun tema yang diangkat, misalnya, salah satunya adalah kritik sosial. Entah kenapa lagu-lagu mas Iksan tetap bisa ditangkap dan dinikmati oleh kalangan siapapun. Diwawancarai oleh Siasat Partikelir, mas Iksan bilang, "Aku hanya menyuarakan apa yang kulihat, apa yang kudengar dan apa yang kurasa." Musik ia percaya bisa merubah keadaan.

Indonesia Raya itu mampu mengubah keadaan lewat musik. Sebuah imperium eropa, sangat takut ketika pada suatu hari ada seorang komposer yang bernama WR Supratman. Ia membuat komposisi yang mengajak orang untuk berpikir merdeka. Komposisi yang mengajarkan rakyat Indonesia untuk menolak menjadi koloni. -  (Diambil dari wawancara siasatpartikelir.com)

Iksan Skuter
Iksan Skuter

Mendengarkan lagu-lagu mas Iksan seperti mencari kewarasan diri sebagai seorang manusia. Disamping itu, juga kita diajak 'tertawa' tentang kondisi negeri ini. Dan juga tentunya diajak berpikir dibeberapa lagunya. Namun yang paling penting dari setiap lagunya adalah kesadaran penuh sehingga membuat kita 'bergerak' dari narasi yang beliau lemparkan lewat mediumnya.

Maka dari itu lagu mas Iksan adalah pilihan yang tepat untuk menjauh sedikit dari berita-berita yang tidak sedap dilihat dan didengar akhir-akhir ini. Sembari berdoa agar chaos yang terjadi sekarang supaya cepat berlalu. Meskipun Saya tahu, siapapun yang ingin berbuat tidak baik di negeri ini, bahkan sekalipun itu masih niat, jelas tak dapat restu sama sekali oleh Tuhan YME. Seperti lirik dalam lagu 'Negara',

"Matikan saja tvmu, bakar semua koranmu, non-aktifkan sinyal hpmu, ku rasa itulah merdeka."

berikut lagu-lagu Iksan Skuter pilihan Saya yang menggambarkan kondisi Indonesia yang sedang kacau. Saya cantumkan lagunya dan juga sebagian liriknya.

  • Generasi Marah-Marah 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x