Mohon tunggu...
Rahayu Ummu Aqila Alfath
Rahayu Ummu Aqila Alfath Mohon Tunggu... Guru dan seorang pembisnis

Pengajar Kuttab Al Fatih semarang dan Pembisnis produk herbal

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Menabung, Solusi Masalah Keuangan

15 April 2021   05:16 Diperbarui: 15 April 2021   05:24 86 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menabung, Solusi Masalah Keuangan
gambar olah pribadi (Sumber asli: kumparan.com)

Menabung, Solusi Masalah Keuangan

Kebutuhan hidup tidak ada habisnya. Di masa kini, uang merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting. Bagi sebagian orang, memiliki banyak uang membuat hidup terasa lebih tenang, sedangkan di sebagian yang lain menganggap bahwa uang bukanlah menjadi standar ketenangan hidup. Bisa makan dan kumpul dengan keluarga sudah cukup untuk menjadi standar ketenangan.

Pada masa-masa Ramadan yang mendekati hari lebaran seperti saat ini, uang dirasa sangat berarti. Silaturahmi ke rumah orang tua, mertua, saudara, atau teman terasa kurang jika tidak membawa buah tangan, padahal biasanya di bulan Ramadan semua bahan makan harganya mengalami kenaikan. Tentu saja, nominal uang menjadi lebih berharga. Belum lagi, bagi Bunda yang memiliki anak, lebaran identik dengan pakaian serba baru.

Kita berada di masa pancaroba, di siang hari yang terasa panas, bisa saja tiba-tiba turun hujan deras. Bahkan, ada beberapa kota yang mengalami musibah yang disebabkan karena hujan, seperti angin puting beliung, banjir, dan lain-lain. Kerugian materi tentu saja tidak sedikit bagi warga yang menjadi korbannya. Disamping itu, penyakit mulai bermunculan, mulai dari batuk, flu, pilek, diare, hingga demam berdarah. Hal itu membuat keberadaan uang begitu sangat berarti.

Nah, bagaimana menyiasati agar keuangan kita stabil dan bisa bertahan di segala kondisi? Solusi yang dapat dilakukan oleh hampir semua orang adalah dengan menabung.

Menabung adalah suatu kegiatan mengumpulkan sedikit demi sedikit hingga terkumpul dalam jumlah yang banyak. Menabung tidak harus dengan nominal besar, bisa dengan nominal kecil. Asalkan rajin dan konsisten, pasti terkumpul jumlah yang besar.

Banyak bentuk menabung yang bisa dilakukan antara lain menabung di bank maupun media celengan,  mengumpulkan logam mulia, berinvestasi tanah atau rumah, dan lain-lain.

Banyak manfaat dapat dari menabung, antara lain
1. membuat pemasukan dengan pengeluaran lebih teratur.
2. melatih berhemat dan mengetahui prioritas kebutuhan.
3. Melatih kesabaran.
4. dengan menabung menghindarkan dari kredit, hutang, dan riba.
5. menjadi simpanan jika sewaktu-waktu ada kebutuhan yang mendesak.
6. menjadi tabungan di masa depan, seperti masa tua setelah pensiun, pendidikan anak, dan lainnya.

Nah pertanyaannya, bagaimana kita bisa menabung jika uang didapatkan hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari?

Yuk, simak tips cara menabung yang paling sederhana ini!

1. Siapkan Media Menabung
Media menabung di sini maksudnya adalah bentuk tabungan kita apakah di rekening, investasi, celengan, logam mulia, atau yang lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN