Mohon tunggu...
suryansyah
suryansyah Mohon Tunggu... siwo pusat

warga depok paling pinggir, suka menulis apa saja, yang penting bisa bermanfaat untuk orang banyak. Email: suryansyah_sur@yahoo.com, siwopusat2020@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Julio Bria Menolak Tua, Usia Cuma Angka

28 Mei 2021   19:16 Diperbarui: 28 Mei 2021   19:26 50 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Julio Bria Menolak Tua, Usia Cuma Angka
Julio Brio masih bertenaga di usia 36 tahun. foto-dok pribadi

USIANYA mungkin sudah tak lagi muda. Julio Bria telah berumur 36 tahun. Tapi petinju Bali ini tak mau dibilang uzur. Dia mengklaim masih sanggup bertempur.

"Usia cuma angka. Saya menolak dibilang tua. Saya merasa masih fit untuk naik ring," kata Julio, kelahiran Malaka Belu Selatan, Nusa Tenggara Timur, 12 Juli 1986.

Legendaris tinju Manny Pacquiao membuktikan itu. Meski berusia 42 tahun juara dunia lima divisi itu, masih ngotot naik ring. Senantor Filipina itu memilih Errol Spence Jr yang berusia 31 tahun di Las Vegas, Agustus 2021.


Julio Bria - petinju sasana ASBC Denpasar, Bali ini selalu menjaga fisiknya agar tetap prima. Meski diakui speed-nya berkurang, tapi ketahanannya masih terjaga.

"Saya berlatih tiap hari kecuali minggu. Makan teratur, vitamin, dan istirahat cukup," ujar petinju Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Bali ini.

"Setiap hari saya mengasah fisik dengan push-up, lari, skipping dan lainnya," lanjut ayah yang punya empat momongan.

Petinju kelas 56kg ini bahkan diundang Pertina (Persatuan Tinju Amatir Indonesia) untuk seleksi SEA Games 2021, Maret lalu. Tapi dia gagal setelah kalah dari Jill Mandagi (DKI Jakarta) yang kini menghuni Pelatnas Tim Merah di Batam, Kepulauan Kepri. Itu kekalahan pertama dari empat pertemuan dengan Jill.

Andai lolos, mungkin dia akan berlaga di pesta olahraga se-Asia Tenggara di Hanoi, Vietnam, November nanti, untuk kali kelima.

Julio memang sarat pengalaman. Turun di kelas 51kg, dia berhasil menyabet medali perunggu SEA Games Laos 2009 dan medali emas SEA Games Jakarta 2011.

Bersama dengan Mario Kali, Julio Bria juga membawa Indonesia meraih gelar juara di Piala Presiden tahun 2015. Julio melakukannya pada kelas 52 kg.

Tak sebatas itu. Julio juga sudah kenyang tampil di level Asia seperti Asian Games, Kejuaraan Asia dan dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN