Mohon tunggu...
Pesta Ferdinan Sitohang
Pesta Ferdinan Sitohang Mohon Tunggu... Administrasi - hanya rakyat biasa

masih muda

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Memberikan Komitmen Bukan Hanya Sebuah Janji

12 Desember 2019   19:25 Diperbarui: 12 Desember 2019   19:28 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sambil berlari dengan semangat '45 anak saya yang paling besar berkata:

"Papa...papa...paketnya dah datang papa..., ayo buka papa"

Begitulah kegembiraan yang terekspresikan dari seorang anak yang sangat senang jika ada kiriman yang datang, entah itu buat dia atau buat anggota keluarga, yang penting keseruan menerima dan membuka paket tersebut pertama sekali, itu adalah yang paling diharapkan olehnya.

Pada era 4.0 saat ini belanja secara online, mengirimkan barang, sangat mudah, dengan harga yang sangat terjangkau. Cerita diatas adalah ketika saya berbelanja secara online suatu barang dan meminta dikirimkan ke alamat saya menggunakan jasa pengiriman logistik JT Express.

dokpri
dokpri
Bagan tersebut menggambarkan bagaimana proses transaksi online sederhana. Ketika dihadapkan dalam proses pemesanan, tentu sudah terlebih dahulu melakukan survey terhadap kebutuhan yang akan dibeli, baik dari segi harga, brand, kualitas, toko, keaslian, service, dan banyak hal lain, tak terkecuali bagaimana menentukan pengiriman apa yang akan dipilih untuk menghantarkan paket agar sampai tepat waktu, tidak hilang maupun menjadi cacat.

Pertanyaan terkait penyedia jasa layanan hantar barang
Pertanyaan terkait penyedia jasa layanan hantar barang

Sederet pertanyaan menghantui ketika hendak memutuskan akan memakai jasa pengiriman barang. Pertanyaan yang dimulai dari harga, area distribusi/layanan, waktu pengiriman, kehandalan (reliable), bagaimana memperoleh informasi status pengiriman hingga jika terjadi complain atas pengiriman barang, dan yang tak kalah penting adalah bagaimana testimoni dari pengguna jasa pengiriman tersebut. Secara proses bisa dikatakan amat mudah yaitu hanya proses Logistik, namun didalamnya terdapat proses-proses lainnya yang tak kalah penting untuk bisa menghantarkan layanan yang prima bagi pelanggan.

Selasa, 12 Maret 2019, saya melakukan transaksi online dan memutuskan memakai jasa pengiriman JT Express untuk menghantarkan pesanan saya. Secara harga memang barang tersebut tidak terlalu mahal, namun JT Express tetap memberlakukan paket kiriman tersebut sebagai barang berharga dan menghantarkannya tepat waktu dan tidak bercacat. Lima bintang dan testimoni positif pastinya langsung saya berikan atas komitmen layanan hantar yang tepat waktu.

Yang menarik bagi saya adalah proses selama saya menunggu barang sampai. Ketika saya ingin tahu sudah sejauh mana proses pengiriman berlangsung, maka saya melakukan cek (tracking) online dari website JT Express dengan memasukkan no resi pengiriman, dan hasilnya sangat memuaskan, informasi keberadaan barang dengan jelas di tampilkan di halaman website tersebut. Ketika mendekati hari dimana barang seharusnya sudah sampai, rasa penasaran muncul kenapa juga belum ada berita terbaru dari barang tersebut, coba telepon ke hotline dan respons sangat baik diberikan oleh customer service yang ramah dan bersahabat.

dokpri
dokpri
Bagaimana sebenarnya proses logistik tersebut?

Ketika proses pembayaran selesai, maka peran logistik mulai berjalan. Dimulai dengan permintaan akan pengambilan barang ke titik tertentu (penjual) yang dilakukan oleh kurir atau bisa juga dengan si penjual langsung mengirimkan ke drop point terdekat. Setelah barang di pick up/di drop, maka bersama dengan barang-barang lainnya akan menuju gudang/warehouse pengumpul terdekat.

Di dalam gudang, proses selanjutnya adalah sortir atau pemisahan, yang saat ini sudah dilakukan secara robotika dengan kecerdasan buatan atau istilahnya AI. Setelah proses pemisahan/sortir selesai maka paket akan ditentukan model pengiriman apakah lewat darat, laut maupun udara menuju gudang area tujuan. Di Gudang tujuan paket akan di pisah lagi berdasarkan area/lokasi antar dengan menggunakan robotika. Oleh sistem maka penghantar paket akan ditentukan, untuk selanjutnya paket diambil dari gudan dan dihantarkan ke penerima.

Serangkaian proses tersebut bukanlah proses yang sederhana, namun proses tersebut sangat rumit, mengingat apabila memilih tipe pengiriman adalah 1-2 hari barang sudah harus sampai ke tangan pembeli. Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana bisa hal itu bisa di era sekarang ini. Inilah yang dinamakan era industri 4.0 dimana teknologi digital, cloud computing, artificial intelligence, robotika, sistem informasi, internet dan lainnya membentuk sebuah kolaborasi yang memungkinkan proses logistik berjalan dengan cepat dan tepat.

Dalam hal ini JT Express selaku penyedia jasa layanan mampu mengkolaborasikan komponen-komponen tersebut, dan melakukan inovasi sehingga layanan yang diberikan mampu memuaskan pelanggan. Tak lupa juga selain komponen-komponen tersebut JT Express tetap bertekad untuk lebih mampu menjangkau pelanggannya lewat drop point yang semakin banyak serta juga tenaga penghantar yang senantiasa di tingkatkan kemampuannya untuk bersinergi dengan perkembangan sistem yang ada.

JT Express mampu memberikan komitmen bukan hanya sekedar janji atau slogan semata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun