Mohon tunggu...
Pesta Ferdinan Sitohang
Pesta Ferdinan Sitohang Mohon Tunggu... Administrasi - hanya rakyat biasa

masih muda

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Memberikan Komitmen Bukan Hanya Sebuah Janji

12 Desember 2019   19:25 Diperbarui: 12 Desember 2019   19:28 29 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Memberikan Komitmen Bukan Hanya Sebuah Janji
JT Express

Sambil berlari dengan semangat '45 anak saya yang paling besar berkata:

"Papa...papa...paketnya dah datang papa..., ayo buka papa"

Begitulah kegembiraan yang terekspresikan dari seorang anak yang sangat senang jika ada kiriman yang datang, entah itu buat dia atau buat anggota keluarga, yang penting keseruan menerima dan membuka paket tersebut pertama sekali, itu adalah yang paling diharapkan olehnya.

Pada era 4.0 saat ini belanja secara online, mengirimkan barang, sangat mudah, dengan harga yang sangat terjangkau. Cerita diatas adalah ketika saya berbelanja secara online suatu barang dan meminta dikirimkan ke alamat saya menggunakan jasa pengiriman logistik JT Express.

dokpri
dokpri
Bagan tersebut menggambarkan bagaimana proses transaksi online sederhana. Ketika dihadapkan dalam proses pemesanan, tentu sudah terlebih dahulu melakukan survey terhadap kebutuhan yang akan dibeli, baik dari segi harga, brand, kualitas, toko, keaslian, service, dan banyak hal lain, tak terkecuali bagaimana menentukan pengiriman apa yang akan dipilih untuk menghantarkan paket agar sampai tepat waktu, tidak hilang maupun menjadi cacat.

Pertanyaan terkait penyedia jasa layanan hantar barang
Pertanyaan terkait penyedia jasa layanan hantar barang

Sederet pertanyaan menghantui ketika hendak memutuskan akan memakai jasa pengiriman barang. Pertanyaan yang dimulai dari harga, area distribusi/layanan, waktu pengiriman, kehandalan (reliable), bagaimana memperoleh informasi status pengiriman hingga jika terjadi complain atas pengiriman barang, dan yang tak kalah penting adalah bagaimana testimoni dari pengguna jasa pengiriman tersebut. Secara proses bisa dikatakan amat mudah yaitu hanya proses Logistik, namun didalamnya terdapat proses-proses lainnya yang tak kalah penting untuk bisa menghantarkan layanan yang prima bagi pelanggan.

Selasa, 12 Maret 2019, saya melakukan transaksi online dan memutuskan memakai jasa pengiriman JT Express untuk menghantarkan pesanan saya. Secara harga memang barang tersebut tidak terlalu mahal, namun JT Express tetap memberlakukan paket kiriman tersebut sebagai barang berharga dan menghantarkannya tepat waktu dan tidak bercacat. Lima bintang dan testimoni positif pastinya langsung saya berikan atas komitmen layanan hantar yang tepat waktu.

Yang menarik bagi saya adalah proses selama saya menunggu barang sampai. Ketika saya ingin tahu sudah sejauh mana proses pengiriman berlangsung, maka saya melakukan cek (tracking) online dari website JT Express dengan memasukkan no resi pengiriman, dan hasilnya sangat memuaskan, informasi keberadaan barang dengan jelas di tampilkan di halaman website tersebut. Ketika mendekati hari dimana barang seharusnya sudah sampai, rasa penasaran muncul kenapa juga belum ada berita terbaru dari barang tersebut, coba telepon ke hotline dan respons sangat baik diberikan oleh customer service yang ramah dan bersahabat.

dokpri
dokpri
Bagaimana sebenarnya proses logistik tersebut?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan