Mohon tunggu...
Siti Swandari
Siti Swandari Mohon Tunggu... Penulis lepas

terbuka, ingin bersahabat dengan siapapun dan dimana saja,with heartfelt wishes. gemini, universitair, suka baca, nulis , pemerhati masalah sosial dan ingin bumi ini tetap nyaman dan indah.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Awet Muda bersama Kompasiana

18 Oktober 2019   11:42 Diperbarui: 18 Oktober 2019   11:58 79 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Awet Muda bersama Kompasiana
sumber: kompasiana.com

Di Surabaya saat ini banyak terjadi lansia yang kesasar atau  nyasar, ini dalam arti sebenarnya loh. Karena para lansia itu jika keluar rumah,  banyak yang lupa jalan balik pulang.

Beliau kesasar atau nyasar ketempat yang melenceng jauh dari kediaman, pamitnya hanya beli kudapan sebentar diwarung yang dekat.

Keluarga pasti jadi kalang kabut, karena lama belum kembali, dicari sana sini, sampai mereka akhirnya minta tolong mencarikan kerabat yang hilang itu lewat media/radio.

1. PIKUN.

Permintaan tolong dari para kerabat hampir terjadi setiap minggu, bisa dua tiga kali, terpampang di online, lengkap komplit dengan foto dan jati diri serta ciri khasnya.

Kebanyakan beliau pikun, karena sepuh sudah pensiun, pernah stroke atau sebab lain. Beliau lali lupa segalanya, jika ditanya nama, alamat, mereka malah tambah bingung, kosong.

Dan saya selalu tertegun, terhenyak membaca berita seperti itu, karena usia para lansia yang pikun itu setara dengan umur saya, 70-an.

Bahkan lebih prihatin waktu menengok ada kerabat yang sakit. Dia kok lupa babar blas dengan saya, sehingga komunikasi terputus, gak nyambung, ngalor ngidul, tanya jawab ulang terus. Biasanya kami ramai gurau, berseloroh, dalam kekeluargaan kami cukup dekat dan akrab.

Aduh, rasanya saya tidak ingin jadi seperti itu, maaf, sepertinya tampak agak bloon, ... padahal  umur beliau setara dengan saya.

Jadi waktu kontrol bulanan ke Rumah Sakit , saya memerlukan mendatangi beberapa dokter  dan menanyakan cara yang tepat untuk menanggulangi jangan sampai otak saya cepat luruh dan menjadi pikun.

Faktor usia dan juga karena saya pernah jatuh sakit, menjadi pertimbangan yang serius.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x