Mohon tunggu...
siti muyasaroh
siti muyasaroh Mohon Tunggu... Sekolah

Tetap menjadi bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Mahasiswa UNS Lakukan Sosialisasi dan Edukasi Kepada Masyarakat Dusun Mingking

6 Juli 2020   13:48 Diperbarui: 6 Juli 2020   13:53 52 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa UNS Lakukan Sosialisasi dan Edukasi Kepada Masyarakat Dusun Mingking
Edukasi serta sosialisasi kepada warga Dusun Mingking mengenai penanaman tanaman apotek hidup

MAGELANG -  Covid-19 atau (Coronavirus disease-19) telah menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia. Dilansir dari CNBC, WHO atau World Health djjdtelah menetapkan wabah virus corona sebagai pandemi global. Kondisi tersebut menyebabkan banyak masyarakat yang mengalami kepanikan dalam menghadapi penyebaran Covid-19 yang berlangsung begitu cepat melalui sebuah proses contagion atau penularan. Covid-19 diketahui dapat menular melalui sebuah droplets atau percikan ketika berbicara, batuk, dan bersin dari individu yang positif Covid-19. 

Di era Covid-19 ini, Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada periode bulan Mei-Juni 2020 Batch II yang diikuti oleh 2.045 mahasiswa yang tersebar hampir diseluruh Indonesia yang pelaksanaannya dilakukan ditempat tinggal masing-masing. Seperti yang dilakukan oleh Siti Muyasaroh, salah satu mahasiswa UNS yang melakukan kegiatan KKN COVID didamping oleh Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Dr. Roemintoyo, S.T., M.Pd. dikampung halamannya yang berlokasi di Dusun Mingking RT 05/RW 08, Kelurahan Sokorini, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan KKN COVID dilaksanakannya dengan dua metode yakni secara online dan offline. 

Edukasi cuci tangan untuk anak-anak
Edukasi cuci tangan untuk anak-anak

"Kegiatan KKN COVID ini merupakan salah satu program pengabdian kepada masyarakat. Tetapi setiap program kerja yang dilaksanakan harus tetap mematuhi protokol kesehatan" ungkap Siti Muyasaroh. Dengan mengusung tema "Supporting Pemahaman Masyarakat Mengenai Covid-19", program kerja yang dilaksanakan oleh Siti Muyasaroh diantaranya sosialisasi dan diskusi bersama masyarakat Dusun Mingking mengenai informasi serta isu-isu yang berkembang seputar Covid-19 secara online, pengadaan ember cuci tangan dan masker, edukasi cuci tangan untuk anak-anak, edukasi penanaman tanaman apotek hidup, serta lomba menggambar poster yang bertemakan pencegahan Covid-19. Setiap program kerja memiliki tujuannya masing-masing tetapi tetap tertuju pada peningkatan pemahaman dan pengetahuan masyarakat mengenai Covid-19.  

"Setiap kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan efektif dan kondusif. Masyarakat pun sangat antusias dalam berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang diadakan. Saat dilakukan sosialisasi online pun masyarakat dapat merespon dengan baik dan mampu berpikir secara kritis terhadap kondisi yang saat ini tengah terjadi. Dengan diadakannya kegiatan KKN COVID ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam jangka panjang bagi masyarakat karena masyarakat harus menghadapi era new normal yang akan membentuk kebiasaan baru masyarakat" ungkapnya.

VIDEO PILIHAN