Mohon tunggu...
SITI MAROAH
SITI MAROAH Mohon Tunggu... Guru Penggiat Literasi

Guru Pembelajar

Selanjutnya

Tutup

Thrkompasiana Pilihan

Mengisi Bulan Suci dengan Giat Literasi

9 Mei 2019   23:21 Diperbarui: 10 Mei 2019   00:13 0 12 6 Mohon Tunggu...
Mengisi Bulan Suci dengan Giat Literasi
agenda-litra-yrbk-2019-5cd4531795760e78a9171942.jpg

"Bulan Ramadan adalah bulan literasi," Sofian Munawar (2016)

***

Sudah tiga tahun berjalan, Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) mengagendakan kegiatan literasi Ramadan dengan tema "Mengisi Bulan Suci Dengan Giat Literasi". Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya kami memanfaatkan bulan penuh berkah ini dengan kegiatan spesial, dengan ragam aksi pembudayaan literasi.

Ada hal lain lagi yang spesial, yaitu Ramadan tahun ini juga bertepatan dengan momentum Hari Buku Nasional (Harbuknas) pada 17 Mei 2019 sehingga hal ini dapat menjadi spirit tersendiri untuk melakukan serangkaian kegiatan literasi secara terintegasi.

Selain dimaksudkan untuk menumbuhkan kegemaran membaca (reading habit), kegiatan literasi Ramadan sekaligus juga dapat dijadikan sebagai kegiatan ibadah sosial untuk mengisi bulan suci Ramadan serta media untuk saling berbagi  (sharing) dan silaturahmi di antara para pegiat literasi, khususnya para pelajar di Kota Banjar. Saya bersyukur untuk rangkaian kegiatan ini mendapat support dan dukungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Banjar.

Dalam hal ini, Kepala Seksi Pendidikan Islam, Dr. H. Supriana, M.Pd. Menurutnya, kegiatan Literasi Ramadan merupakan aktivitas yang positif dan kreatif. "Ini kegiatannya sangat baik terutama bagi para pelajar Kota Banjar untuk dapat mengisi bulan suci dengan giat literasi. Untuk itu saya sangat mendukung dan memberikan apresiasi semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan," ungkapnya.

Untuk tahun ini, Ramadan 1440 ada lima agenda kegiatan Literasi Ramadan yang akan diadakan YRBK. Pertama, Safari Literasi Ramadan (SaLiRa) ke pesantren dan sekolah berbasis agama. Kedua, Lomba Video Pendek Ramadan (LoViPeRa). Ketiga, Ngobrol Literasi Cerdas (Ngobras). Keempat, Ngabuburit Rasa Literasi (Ngarlit). Kelima, Bareng Berbuka buKu (BarBeKu).

Di antara kelima agenda itu yang terbilang baru adalah Lomba Video Pendek Ramadan (LoViPeRa). Sementara empat kegiatan lainnya sudah rutin dilaksanakan tiap Ramadan, bahkan juga di bulan-bulan yang lain.

Mengenai LoViPera, dapat saya jelaskan bahwa lomba ini diperuntukkan bagi para pelajar tingkat SLTP (SMP dan MTs) se-Kota Banjar. Lomba ini bersifat perorangan dimana satu orang hanya boleh mengirimkan satu karya. Video yang dilombakan dibuat dalam format bercerita atau semacam storytelling dengan tema spesial tentang Ramadan dan dengan durasi maksimal 5 menit.

Video diunggah/diupload ke Youtube atau Facebook dengan tagar: #Lovipera #YRBK #NamaPeserta. Kemudian, video yang sudah berhasil diunggah, link-nya dikirimkan ke email: ruangbacakomunitas@gmail.com atau ditag ke:   https://www.facebook.com/ruangbacakomunitas  dengan batas akhir pengiriman video sampai 14 Mei 2019.

Kegiatan lain yang diharapkan dapat menyedot perhatian para pelajar Kota Banjar adalah Ngobras atau "Ngobrol Literasi Cerdas". Acara ini sebenarnya merupakan modifikasi "Diskusi Komunitas" atau "DisKo" yang secara rutin sering diselenggarakan YRBK. Hanya saja, acara Ngobras ini memiliki dua keistimewaan. Pertama, timing-nya diselenggrakan pada bulan Ramadan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x