Mohon tunggu...
Siti Maemunah
Siti Maemunah Mohon Tunggu... Perawat - mahasiswa

saya adalah mahasiswa poltekes mataram mejadai mahasiswa baru sangat menyenangkan tapi banyak tantangan yang harus kita hadapi kedepanya dengan jurusan yang berbeda dari cita juga merupakan tantangan yang berat tapi saya percaya jika kita mejalani dengan sunggu-sungguh apa yang menjadi takdir kita akan kita temui nantinya

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Pentingnya Pengunaan Sunscreen

18 Oktober 2022   17:11 Diperbarui: 18 Oktober 2022   17:17 143
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Kecantikan luar adalah hadiah. Kecantikan batin adalah sebuah pencapaian."

- Randi G. Fine --

Kalian tau nggak kalau sunscreen itu penting? Umur berapa kalian baru tau kalau sunscreen itu penting banget? Ini pengalaman aku pribadi aku juga baru tau kalo sunscreen itu penting banget pada saat aku masuk SMA karna aku selalu mengeluh tiap berkaca kenapa muka aku selalu belang pada saat itu kan udah mulai pubertas ya pastinya kita mulai memperhatikan diri kita mulai insecure dengan orang lain yang lebih cantik dan mulus dari kita tapi sebernya itu salah karna semua wanita itu cantik di mata orang yang tepat. 

Lanjut ya nah setelah aku browsing di internet kenapa muka aku selalu belang dan ternyata penyebabnya itu karna aku tidak menggunakan suncreen nah dari situ lah aku mulai rutin menggunakan sunscreen

Apasih suncreen itu?

Sunscreen adalah salah satu step skincare yang tidak boleh itu di lupakan untuk melindungi kulit dari sinar UV  yang bisa menyebabkan berbagai masalah kulit. Sebenarnya sinar matahari itu bagus untuk kulit karna matahari mengandung vitamin D yang baik untuk tubuh tapi karna sinar matahari juga memancarkan sinar UV yang tidak baik untuk kulit.

Apasih manfaat dari suncreen?

    Nah manfaat dari sunScreen itu banyak loh bahkan bagi wanita-wanita yang sudah paham tentang per skin care an mereka menjadikan suncreen itu  wajib tidak boleh di lewatkan terdengar sedikit berlebihan tapi memang sunscreen itu sepenting itu guys di antaranya :

Melindungi kulit dari sinar UV

Sebenarnya matahari manfaat karna mengandung vitamin D tapi mata hari juga memancarkan sinar UV yang buruk untuk kulit dan ada banya jenis sinar uv itu sendiri diantaranya:

Sinar ultraviolet ini memiliki panjang gelombang terpanjang sekitar 315-400 nm. Oleh karena itu, sinar UVA dapat menembus berbagai lapisan mulai dari lapisan ozon, awan dan berakhir pada gurat sisi pintu dan jendela rumah.

Sinar UVA memiliki efek jangka panjang pada kulit. Menyebabkan keriput, mengurangi elastisitas kulit, meningkatkan risiko penuaan dini, dan meningkatkan risiko kanker kulit.

  • Sinar UVB

Rentang panjang gelombang sinar UVB adalah 280-315 nm. UVB tidak menembus lapisan awan dan hanya sedikit pada cuaca mendung atau mendung. Namun, UVB tetap memiliki efek negatif pada kulit. Sinar UVB dapat menggelapkan kulit. Misalnya, dapat menyebabkan luka bakar, meningkatkan sensitivitas kulit, dan menyebabkan peradangan penyebab jerawat.

  • sinar UVC

Sinar UVC memiliki panjang gelombang terpendek pada kisaran 180-280 nm. Karena gelombang pendek ini, sinar UVC tidak dapat menembus lapisan ozon dan tidak membahayakan kulit.

Mengurangi resiko kanker kulit

Berada di bawah matahari terlalu lama bisa menyebabkan sunburn. Sunburn ialah masalah kulit yang terjadi akibat terpapar sinar matahari yang berlebihan. Ini merupakan salah satu tanda kerusakan pada DNA. DNA yang mengalami kerusakan terus menerus akan mengakibatkan penyakit serius seperti kanker kulit

Mencegah penuaan dini

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun