Mohon tunggu...
Siti Hafizah
Siti Hafizah Mohon Tunggu... Guru - teacher biomassa

Saya seorang guru fisika dan teknik energi biomassa

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Motivasi Mengikuti E-Training Guru Melek IT (DOGMIT) Angkatan 1 Tahun 2017 ini

4 Oktober 2017   02:13 Diperbarui: 4 Oktober 2017   02:37 322
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Assalamu'alaikum wr wb ...

Lewat tulisan ini saya ingin berbagi cerita mengenai motivasi saya mengikuti E-Training guru melek IT. Saya adalah seorang guru fisika di salah satu SMK di Banjarbaru Kalimantan Selatan. Bagi saya menjadi guru merupakan profesi sekaligus hobby. Karena hobby berarti harus bisa menikmati kegiatan mengajar itu sendiri. Namun terkadang banyak kendala yang dihadapi ketika mengajar. 

Salah satunya adalah sulitnya membuat peserta didik menyukai pelajaran fisika. Yang mana faktanya pelajaran fisika merupakan momok bagi peserta didik. Untuk itu sebagai guru harus berinovasi dalam mengajar. Di zaman serba canggih ini, bertambah juga problematika yang harus dihadapi dalam mengajar. Karena itu, guru juga harus bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi tersebut dalam mengajar.

Mengenal kata "Melek IT" pertama kali adalah dari seorang rekan seprofesi. Bisa dibilang dia adalah seorang guru yang "Melek IT". Saya teringat dengan kalimat yang beliau lontarkan pada saat mengikuti In House Training Kurikulum 2013 Revisi. Jadi guru harus "Melek IT", begitulah kalimatnya. Dengan pemaparannya tentang E-Training Guru Melek IT ini semakin membakar semangat saya untuk membuat inovasi terhadap pembelajaran di kelas. Jangan sampai kita menjadi guru yang "Kudet" (Kurang Update). Sehingga peserta didik lebih update daripada kita. Karenanya kita bisa tertinggal jauh dari mereka. Untuk itu guru harus lebih dahulu "melek" daripada peserta didiknya. Hal inilah yang mendasari saya mengikuti E-Training guru melek IT (DOGMIT) angkatan 1 tahun 2017.

Alhamdulillah, saya sedang menjalani E-Training guru melek IT ini mulai tanggal 2-11 oktober 2017. Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Sukani selaku trainer yang telah membimbing pada training ini. Dan rekan-rekan seprofesi yang tergabung pada E-Training ini. Nah rekan-rekan seprofesi lainnya, mari kita "Melek IT". Tambah ilmu dan tambah wawasan sehingga kita mampu berubah serta membuat perubahan dalam dunia pendidikan ke arah yang lebih baik. Mohon do'anya agar saya dapat menyelesaikan E-Training ini dengan baik. 

Salam "Melek IT"


Wassalam....

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun