Mohon tunggu...
siti baroroh
siti baroroh Mohon Tunggu... Belajar, belajar dan mengambil hikmah

Kalau kamu sudah merasa bahagia dengan dirimu, saatnya kamu membahagiakan dan bermanfaat untuk orang lain. Selesaikan urusan dengan dirimu sendiri terlebih dahulu.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Pandemi: Tetap Berprestasi!

17 Januari 2021   19:00 Diperbarui: 17 Januari 2021   19:01 86 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pandemi: Tetap Berprestasi!
Sumber:https://www.kompasiana.com/sitibaroroh8550/ (Dokumen Pribadi)

Semua kegiatan diselenggarakan secara online, demikian juga dengan ekstrakulikuler. Semua ditantang beradaptasi dengan kondisi saat ini. Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, kegiatan Pengembaraan Desember Tradisional (PDT) tetap berjalan. Kalau kemarin kegiatan Bakti yang saya ceritakan, sekarang di Giat Prestasi. 

Pengumuman penyelenggaraan lomba yang tergolong mepet, menambah dag dig dug persiapan kegiatan ini. Biasanya kami menyiapkan 2-3 bulan sebelum kegiatan, dan saat ini dijamak jadi 2 3 minggu. Itu termasuk seleksi internal yang akan mewakili sekolah. Semua seleksi pun dilaksanakan secara online. Kebetulan yang mendaftar sebagian besar tidak berada di Yogyakarta. Sehingga, dari seleksi tertulis, wawancara, pendampingan dan lomba dilaksanakan secara online.

Kebetulan saya mendampingi Lomba KTI, dengan pembuatan karya tulis satu minggu (setelah TM). Sudah tidak banyak waktu, hampir setiap hari kami bertemu secara online. Dari pembuatan latar belakang, pengambilan data hingga pembahasan. Beruntung adik-adik yang terdiri dari kelas 10 dan 11 bisa mengikuti ritme kami dan mau diajak latihan full. Semangat yang luar biasa menurut Saya, mengingat mereka belum pernah membuat karya tulis sebelumnya. Kami dari pembimbing hanya sedikit mengarahkan dan selebihnya mereka mengembangkan ide-ide mereka. Proses yang paling berat adalah pada tahap finishing, secara bersamaan melihat semua secara bersamaan menggunakan google doc.

Tepat H-3 jam karya tulis selesai dibuat dan dikumpulkan. Lega. Pasti! Setelah itu menunggu pengumuman dan singkat cerita Ti Putra Lolos masuk semifinal, namun Tim Putri tidak Lolos. Cukup kaget bagi saya dan sedikit kecewa. Malamnya Salah satu tim putri menghubungi saya untuk meminta maaf dan berterima kasih. Luar biasa menurut saya, mengingat anak SMA sudah memiliki keterampilan dalam komunikasi daring (seperti mahasiswa) dengan orang yang belum bertemu secara langsung/luring.

Pendampingan kedua dimulai, karena mereka harus latihan presentasi dan tanya jawab. Presentasi dilakukan selama 10 menit termasuk tanya jawab. Mereka saya minta untuk membuat PPT yang simpel tapi menarik. Tidak perlu banyak kata-kata dan dalam satu hari mereka langsung sudah mengirimkan ke Saya . 

Setelah itu mulai latihan presentasi, ow iya, satu tim terdiri dari dua orang. Tim putra satu kelas 10 dan 11. Untuk kelas 11 sudah pernah mendapat materi public speaking dan sudah okay dalam presentasi, sedangkan kelas 10 belum pernah mendapatkan materi namun punya semangat luar biasa. Saya minta untuk mengirimkan voice note presentasinya dan langsung sy berikan evaluasi. Satu hari dia dapat mengirimkan VN (Voice Note) hingga 4 kali. Sampai H-2 kami langsung latihan dengan situasi seperti lomba. Latihan dilaksanakan satu hari 3-4 kali, pagi, siang (saat jam istirahat), sore dan malam dengan durasi maksimal 30 menit per pertemuan.

Sumber:https://www.kompasiana.com/sitibaroroh8550/ (Dokumen Pribadi)
Sumber:https://www.kompasiana.com/sitibaroroh8550/ (Dokumen Pribadi)
untuk H-1 latihan tidak terlalu full, dan memastikan penampilan sudah okay. Selain itu satu orang juga mengikuti lomba lain  dan pada saat itu sedang Ujian Akhir Semester. Alhasil ketika pengumuman kemarin adik-adik mendapatkan Juara II. Sebuah pencapaian yang luar biasa dengan waktu singkat dan tanpa sekalipun tatap muka. Semangat mereka sepertinya membuat saya juga ikut bersemangat. Sukses kedepannya adik-adik BaraMANSA.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x