Mohon tunggu...
Siti Athisya Putri
Siti Athisya Putri Mohon Tunggu... Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Usaha dan Doa.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Kemampuan Berbicara dalam Pelaksanaan Webinar

30 Juni 2020   21:21 Diperbarui: 30 Juni 2020   22:13 74 3 0 Mohon Tunggu...

Webinar merupakan gabungan kata dari Web dan Seminar atau dalam padanan bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai Seminar Daring. 

Menurut KBBI, web berarti sistem untuk mengakses, memanipulasi, dan mengunduh dokumen hipertaut yang terdapat dalam komputer yang dihubungkan melalui internet, jejaring, jaringan.

Sedangkan, seminar berarti pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ahli.

Mengutip dalam unicef.org yang membahas mengenai webinar production, webinar memiliki pengertian sebagai "A webinar is an online learning event aimed at imparting knowledge and skills to a target audience, using voice audio, slides, screen sharing and text chat."

Dalam bahasa Indonesia berarti webinar merupakan acara pembelajaran daring yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada target audiens dengan menggunakan audio suara, salindia, berbagi layar dan obrolah teks. Secara singkatnya pengertian dari webinar adalah seminar yang dilakukan secara daring. 

Jika merujuk pada pengertian seminar sendiri, kita dapat mengetahui bahwa seminar merupakan suatu pertemuan yang membahas topik tertentu. Dengan begitu, pada umumnya webinar dengan seminar konvensional memiliki kesamaan. Hanya pelaksanaannyalah yang membedakan antara webinar dengan seminar konvensional yang mana webinar dilakukan secara daring/online

Adapun fungsi dan tujuan dari pelaksanaan webinar sama halnya dengan seminar konvensional. Fungsi dari webinar adalah sebagai media atau wadah dalam penukaran ide-ide secara bebas atau sebagai tempat dalam menyampaikan informasi baru atau ide-ide baru yang bersifat ilmiah kepada orang banyak atau publik. Sedangkan, tujuan dari webinar itu sendiri adalah untuk menyampaikan sebuah ilmu atau informasi kepada para peserta melalui narasumber. 

Pelaksanaan webinar memang berbeda dengan seminar konvensioal. Webinar dilakukan secara daring melalui situs web atau aplikasi yang mendukung fitur video conference. Webinar dilakukan dengan cara berkomunikasi langsung  atau live dengan menggunakan gambar/video dan suara. Berbeda halnya dengan seminar konvensional yang mana harus dihadiri secara langsung atau dilakukan dalam suatu ruangan/gedung. 

Dalam webinar, para partisipan hanya perlu bergabung melalui situs web atau aplikasi yang telah disediakan. Dalam webinar pula pemateri hanya perlu menayangkan materinya melalui salindia atau slide dan kemudian menerangkan melalui audio/suara. Semua kegiatan dalam webinar dilakukan secara daring, baik saat pembukaan yang dilakukan oleh pembawa acara, perkenalan moderator, pemaparan materi oleh pemakalah maupun sesi tanya jawab.  

Dalam pelaksanaannya hal utama yang dibutuhkan bagi para partisipan dalam webinar, antara lain seperti media elektronik, yakni Komputer, Laptop, ataupun smartphone serta harus memiliki jaringan internet agar dapat terhubung dalam webinar tersebut. 

Dalam pelaksanaan webinar, para partisipan yakni fungsionaris dan peserta perlu memiliki keterampilan-keterampilan dalam berbicara yang mana akan menunjang perannya dalam kegiatan webinar. Berbicara merupakan alat untuk berkomuniasi dan bertukar informasi. Webinar sendiri dapat pula diartikan sebagai kegiatan berbicara yang mana dalam pelaksanaannya para partisipan haruslah menggunakan kemampuan berbicara agar dapat berpartisipasi dengan baik dalam kegiatan tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x