Mohon tunggu...
Siti Ainuniyah
Siti Ainuniyah Mohon Tunggu... Guru - IAIN JEMBER

Siti Ainuniyah IAIN JEMBER 23 Juni 2000

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Pengertian Idealisme Beserta tokoh-tokohnya

11 April 2020   09:54 Diperbarui: 14 Juni 2021   07:20 22133 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pengertian Idealisme Beserta tokoh-tokohnya
Pengertian Idealisme Beserta tokoh-tokohnya. | freepik

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Berikut penjelasan tentang filsafat idealisme :

A. Pengertian

Filsafat idealisme adalah salah satu aliran filsafat yang berpaham bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide. Semua bentuk realita adalah manifestasi dalam ide.

Karena pandangannya yang idealis itulah idealisme sering disebut sebagai lawan dari aliran realisme, secara logika idealisme dan realisme tidak bisa dipertentangkan, idealisme menganggap bahwa yang kongkrit hanyalah bayang-bayang yang terdapat dalam akal pikiran manusia, kaum idealisme sering menyebut ide/gagasan.

Baca juga: Work Life Balance: Sebuah Idealisme yang Masih di Awang-awang

Seorang realisme tidak menyetujui pandangan tersebut, kaum realisme berpendapat bahwa yang ada itu adalah yang nyata, riil, bisa dipegang dan bisa diamati dll., dengan kata lain suatu yang nyata adalah sesuatu yang bisa diinderakan, bisa diterima oleh panca indera, dalam konteks pendidikan paham ini mencita-citakan pemikiran atau ide tertinggi secara kelembagaan institusional, maka pendidikan akan didominasi oleh fakultas, jurusan filsafat dan pemikiran pendidikan. Metode yang digunakan oleh aliran idealisme adalah metode dialitik syarat dengan pemikiran, perenungan dialog dll.

Baca juga: Secuil Idealisme, Separuh Mimpi

B. Filosofi tokoh-tokoh aliran idealisme

1. Plato, menurutnya cita adalah gambaran asli yang semata-mata bersifat rohani dan jiwa terletak di antara gambaran asli dengan bayangan dunia yang ditangkap oleh panca indera dan pada dasarnya sesuatu itu dapat dipikirkan oleh akal dan yang berkaitan juga dengan ide atau gagasan mengenai kebenaran tertinggi dengan doktrin yang dikenal dengan istilah ide, Plato mengemukakan bahwa dunia ini tetap dan jenisnya itu satu, sedangkan ide tertinggi adalah kebaikan.

Baca juga: Pengangguran, Idealisme, dan Anak Bawang Kehidupan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan