Mohon tunggu...
Siti Ulfah
Siti Ulfah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PGSD UPI Kampus Daerah Serang

KKN TEMATIK UPI 2021

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

KKN Tematik UPI 2021: Penanggulangan Dampak Covid Dalam Bidang Pendidikan di SD Negeri Majalaya

30 Juli 2021   21:56 Diperbarui: 1 Agustus 2021   14:09 292
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sudah hampir dua tahun pandemi covid-19 ini melanda Indonesia dan dunia, sehingga mengakibatkan dampak besar dalam segala bidang salah satunya dalam bidang pendidikan. Virus covid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang bisa menular dari manusia ke manusia dan bisa menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran pernafasan. 

Virus covid-19 ini pertama kali ditemukan di Wuhan, China, pada akhir Desember 2019 lalu. Akibat atau dampak yang ditimbulkan oleh pandemi covid-19 ini terutama dalam bidang pendidikan yaitu diantaranya kegiatan pembelajaran di sekolah harus dilakukan secara daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang merupakan metode pembelajaran mandiri yang dilakukan di rumah masing-masing guna untuk mencegah rantai penularan covid-19 sehingga pembelajaran daring ini merupakan tantangan baru yang harus dihadapi oleh semua pihak baik itu guru, siswa, orang tua siswa dan pihak yang terkait dalam bidang pendidikan. Berkaitan dengan itu, Universitas Pendidikan Indonesia sebagai perguruan tinggi ikut berkontribusi dalam menanggulangi dampak covid-19 ini melalui program kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dilakukan oleh mahasiswa. 

Dalam program KKN Tematik UPI 2021 ini terdapat dua program kegiatan yaitu program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik membangun desa melalui bidang pendidikan dan ekonomi. Dalam pelaksanaan kegiatannya mahasiswa diharuskan memilih salah satu program yang akan dijalankan baik itu dalam bidang pendidikan atau bidang ekonomi, selain itu kegiatan KKN Tematik ini dilakukan secara individu di tempat atau daerah masing-masing mahasiswa.

Berkaitan dengan itu, saya sendiri memilih program kegiatan KKN Tematik membangun desa melalui bidang pendidikan yang bertempat di SD Negeri Majalaya, Desa Panunggulan, Kecamatan Tunjung Teja, Kabupaten Serang-Banten, untuk sasaran programnya sendiri yaitu guru, siswa, orang tua siswa, dan masyarakat setempat. Kegiatan KKN Tematik UPI 2021 ini dimulai pada tanggal 01 Juli sampai dengan tanggal 31 Juli 2021 yang dilaksanakan di SD Negeri Majalaya, disana saya disambut  dan diterima dengan baik oleh kepala sekolah, guru, siswa, maupun orang tua siswa.

Setelah melihat situasi dan kondisi pembelajaran daring yang dilakukan di SD Negeri Majalaya ternyata terdapat banyak kendala yang melatarbelakangi pembelajaran daring ini diantaranya yaitu pertama kurangnya pemahaman masyarakat terhadap penggunaan media belajar sebagai penunjang keberlangsungan pembelajaran daring, kedua kurangnya pemahaman orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah, ketiga keterbatasan akses internet, keempat kurangnya pengawasan dalam kegiatan pembelajaran di rumah, kelima faktor ekonomi juga merupakan faktor penghambat kegiatan pembelajaran daring, karena tidak semua siswa mempunyai smartphone dan hanya mengandalkan buku paket tematik untuk pembelajaran di rumah. Oleh karena itu dibutuhkan solusi alternatif dalam mengatasi penanggulangan dampak covid tersebut yaitu melalui pendampingan pembelajaran daring di rumah. Adapun program kegiatan KKN tematik UPI 2021 yang yang telah dilaksanakan sebagai solusi alternatif dalam penanggulangan dampak covid dalam bidang pendidikan diantaranya yaitu:

  1. Penguatan Pembelajaran Daring. Karena kurangnya pengawasan orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah mengakibatkan anak kurang paham terhadap materi pelajaran sehingga penguatan pembelajaran daring ini perlu dilakukan yaitu dengan cara memberikan penjelasan materi pelajaran yang sesuai untuk kelas 2 dan 3 melalui video pembelajaran yang dikirimkan melalui whatsApp grup dan pemberian tugas tambahan sebagai penguatan pembelajaran di rumah.           
  2. Pendampingan Pembelajaran Daring. Kegiatan pendampingan pembelajaran daring untuk siswa sekolah dasar kelas 2 dan 3 dilakukan di rumah masing-masing dengan membantu siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.                 
  3. Pendampingan Orang Tua Siswa Dalam Mendampingi Anak Belajar Daring. Selama masih diberlakukannya pembelajaran daring, tentunya setiap orang tua perlu mengetahui tentang tips parenting dalam mendampingi anak belajar di rumah salah satu program yang telah dilaksanakan yaitu membuat poster mengenai tips parenting yang berkaitan dengan cara mendampingi anak belajar di rumah agar tetap nyaman dan menyenangkan yang dikirimkan melalui grup whatsApp wali murid.                           
  4. Mendesain, Membuat, Melegkapi dan Menggunakan Media Pembelajaran Daring. Dalam kegiatan pembelajaran daring di SDN Majalaya guru hanya mengandalkan buku paket sebagai media pembelajarannya, oleh karena itu perlu adanya media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa agar tidak jenuh dan bosan seperti menggunakan video pembelajaran animasi dan gambar didalamnya sehingga saya sendiri mencoba untuk mendesain dan membuat media pembelajaran daring menggunakan berbagai macam aplikasi yang digunakan seperti kinemaster, zepeto, inshoot, dan aplikasi canva untuk menunjang kegiatan pembelajaran daring di rumah.                                                                
  5. Membantu Administrasi Sekolah. Karena diberlakukannya pembelajaran daring di rumah masing-masing maka siswa membutuhkan media belajar berupa buku tematik sebagai media belajar di rumah. Oleh karenanya dalam kegiatan administrasi sekolah ini saya membantu guru untuk merekap dan membagikan buku tematik untuk dibagikan kepada siswa kelas 2 dan 3 sebagai bahan pembelajaran di rumah.

Dari permasalahan yang melatarbelakangi pembelajaran daring ini ternyata banyak sekali kendala yang dihadapi, khususnya di sekolah yang kurang terjangkau akses internet sehingga pembelajaran daring ini kurang efektif dan efisien dan pembelajaran tatap muka secara langsung sangat diperlukan. Namun dengan adanya kegiatan program KKN ini diharapkan dapat menjadi solusi alternatif serta membantu pemerintah maupun sekolah dalam penanggulangan dampak covid khususnya dalam bidang pendidikan yaitu melalui pendampingan pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun